PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MASASE DI KECAMATAN BANJARBARU UTARA

  • Rina Fitriani Universitas Lambung Mangkurat
  • Mita Erliana Universitas Lambung Mangkurat
  • Athar Athar Universitas Lambung Mangkurat
  • Aryadi Rachman Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Persepsi, Masyarakat, Masase

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Persepsi Masyarakat Terhadap Masase di Kecamatan Banjarbaru Utara. Penelitan ini menggunakan  metode survey, untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap masase di Kecamatan Banjarbaru Utara. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat di Kecamatan Banjarbaru Utara yang pernah menggunakan jasa masase dan berusia 18-40 tahun yang berjumlah 52.842 orang. Sebagai sampel penelitian ini berjumlah 270 orang yang dipilih secara  acak (random sampling). Dari hasil analisa penelitian ini diketahui bahwa persepsi masyarakat terhadap masase di Kecamatan Banjarbaru Utara pada kategori “Sedang” atau cukup baik dalam memperoleh hasil perhitungan persentase sebesar 37,8%.

Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa persepsi masyarakat di Kecamatan Banjarbaru Utaradengan kategori sangat rendah ada 9 responden atau 3,3%, dengan kategori rendah ada 76 responden atau 28,1%, dengan kategori sedang ada 102 responden atau 37,8%, dengan kategori tinggi ada 59 responden atau 21,9%, dengan kategori sangat tinggi ada 24 responden atau 8,9%.

 

 

References

Afridawati, A. (2008). Persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Terhadap Massage Pada Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri Padang.

Hurlock, E. B. (1990). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga.

Park, J., Shim, J., Kim, S., Namgung, S., Ku, I., & Cho, M., … Roh, H. (2017). Application of massage for ankle joint flexibility and balance. Journal of Physical Therapy Science, 789–792. https://doi.org/10.1589/jpts.

Prof. Dr. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); Kedua). ALFABETA.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish.

Slameto. (2010). Belajar dan FaktorFaktor Yang Mempengaruhinya. RinekaCipta.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Andi.

Wijanarko, B., & Riyadi, S. (n.d.). Sport Massage. Yuma Pustaka.

Published
2022-09-27