ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TINGKAT KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KELAS VI SD SE-KOTA BANJARBARU
Abstract
Penilaian dilakukan pada pertengahan semester untuk mengetahui kemampuan seorang peserta didik dalam menguasai suatu mata pembelajaran. Mengingat pentingnya penialian pada pertengahan semester ini, pertanyaan berkualitas diperlukan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana kualitas kemampuan berpikir siswa. Oleh karena itu, pendidik harus mampu terampil membuat dan mengembangkan soal-soal PJOK guna melatih kemampuan berpikir kritis siswanya. Diperoleh data empiris dari hasil analisis persentase keseluruhan 35 butir soal bermuatan HOTS pada soal ujian tengah semester PJOK Kelas VI SD Se-Kota Banjarbaru yang didapati peneliti adalah 80% untuk soal LOTS, 9% untuk soal MOTS, 11% untuk soal HOTS. Sehingga dapat diambil kesimpulan kualitas pada soal penilaian tengah semester Kelas VI PJOK SD Se-Kota Banjarbaru Tahun Ajaran 2021/2022 masih rendah.
References
Afandi, M. (2013). Model & Metode Pembelajaran di Sekolah ii. UNISSULA PRESS.
Anderson dan Krathwol. (2001). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Kurikulum 2013. https://ojs.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena/article/view/582
Gunawan, I. dkk. (2015). Taksonomi Bloom–Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. 113–114. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/50/47
Kemdikbud. (2017). Modul penyusunan soal HOTS.
Kemdikbud. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/15158/
Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal pendidikan Dasar, 9(1), 1. https://doi.org/10.21009/JPD.091.01
Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan (1 ed.). Nuka Medika.
Puspendik. (2015). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. http://repositori.kemdikbud.go.id/15158/
Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Implementasi Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (2 ed.). ALFABETA, cv.
Purbosari, D., Rita, E., Dewi, S., & Sulianto, J. (2021). DIKDAS MATAPPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar dari High Order Thingking Skills ( HOTS ) Pada Kelas VI. September, 376–384.
Maulana, M. A., Mulhim, M., & Sofyan, S. (2021). Analisis Gaya Mengajar Menurut Muska Mosston Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Martapura. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 129-134.
Safarina, R., & Athar, A. (2021). Analisis Kebugaran Jasmani Yang Berhubungan Dengan Kesehatan Anak Usia 10-12 Tahun Di Kampung Hijau Pada Wilayah Lahan Basah Kota Banjarmasin. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(3), 112-117.
Rifa’i, A., & Mashud, M. (2021). Persepsi Guru Pjok Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(3), 118-122.
Hendrix, E., Rahmadi, R., & Mulhim, M. (2021). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Video Pembelajaran Pjok Kd 3.1 Dan 4.1 Kelas VII SMP Negeri 3 Martapura Pada Masa Pandemi Covid-19. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(3), 136-142.
Copyright (c) 2022 Muhamad Efendi Yusuf, Tri Irianto, Rahmadi Rahmadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.