PEMANFAATAN WAKTU LUANG DI LUAR JAM SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGRI DI KABUPATEN BARITO KUALA

  • Rika Sari Nuuryanti Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmadi Rahmadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Syamsul Arifin Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Kata kunci: Pemanfaatan, waktu luang, peserta didik

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik menggunakan waktu luangnya untuk 1. Kegiatan Santai (Relaxation Activity) dengan persentase sebesar 44,67% (sering), 37,49% (kadang-kadang), 12,17% (pernah) dan 5,65% (tidak pernah), 2. Kegiatan Hiburan (Entertaiment Activity) dengan persentase sebesar 23,16% (sering), 47,63% (kadang-kadang), 12,82% (pernah) dan 17,08% (tidak pernah), serta 3. Kegiatan Pengembangan Diri (Personal Development Activity) dengan persentase sebesar 16,58% (sering), 27,57% (kadang-kadang), 21,42% (pernah), dan 34,42% (tidak pernah). Dari hasil penelitian di atas di ketahui bahwa penggunaan waktu luang peserta didik SMP Negeri Kabupaten Barito Kuala termasuk sedang. Pemanfaatan waktu luang untuk aktivitas fisik termasuk tinggi dengan persentase sebesar 41% dengan kegiatan bersepeda/gowes dan bermain bulutangkis. Serta minat peserta didik dalam mengembangkan kemampuan diri tergolong rendah dengan persentase sebesar 36%. Hal ini terjadi akibat lebih dari 2 tahun mengalami pandemi covid-19 yang mengharuskan peserta didik stay at home sehingga mereka mengalami kurang gerak jika di biarkan terus menerus maka akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik peserta didik.

 

 

References

Noor, & Wicaksono, L. (2013). Analisis Pendayagunaan Waktu Luang Peserta Didik Kelas Xi. 1–8.

Rifai, A.Studi. (2020). Waktu Luang dan Disiplin Murid Smta Di Lingkungan Provinsi Di Indonesia. Jakarta 13

Hills, A., King, N, & Byrne, N. (2007). Children, Obesity And Exercise : A Practical Approach To Prevention, Treatment And Management Of Childhood Adolescent Obesity. New York: Routledge.

Thomas, J. R., Nelson, J. K., & Silverman, S. J. (2005). Reseach Methods In Physical Activity. United States Of America: Human Kinetics.

Bouhard, C., Blair, S. N., & Haskell, W. L. (2007). Physical Activity And Health Title. United States: Human Kinetics.

Januarius Anggoa. (2011). Study Tingkat Kebosanan Dalam Waktu Luang Pada Mahasiswa Baru Universitas Kristen Petra Surabaya. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Marliani. (2016). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Pustaka Setia.

Bouhard, Haskell., M. de F. dan E. da C. (2007). The Role of Urban Environment, Social and Health Determinants in the Tracking of Leisure-time Physical Activity Throughout Adolescence. Elsevier: Portugal.

Rifai, A. (1997). Disiplin Murid SMTA di Lingkungan Provinsi di Indonesia. Jakarta : Depdikbud.

Sukadji, S. (2000). Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah (Direvisi dan Dilengkapi). Depok : Universitas Indonesia.

Aditya, I., Irianto, T., & Nurdiansyah, N. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pjok Di Kota Banjarbaru. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(3), 143-146.

Gultom, S. D., Rahmadi, R., & Hamid, A. (2021). Perencanaan Evaluasi Sumatif Aspek Kognitif Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Kelas VII sekolah Menengah Pertama Di Martapura. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 121-124.

Ramadhani, F., Shadiqin, A. R., & Fauzan, L. A. (2021). Partisipasi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Permainan Tradisional Hadang Kelas III Di SDN Cindai Alus Martapura 1. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 107-111.

Shalihin, M. T., Abdillah, S., & Fauzan, L. A. (2021). Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Dan Prestasi Di SMA Negeri Kabupaten Banjar. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 135-140.

Published
2022-09-27