PEMBELAJARAN SEPAK SILA DALAM PERMAINAN BOLA BESAR MENGGUNAKAN PERMAINAN BOLA DI UDARA DENGAN SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 BARABAI HULU SUNGAI TENGAH
Pembelajaran
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil permainan bola di udara terhadap pembelajaran permainan bola besar sepak sila dengan siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Barabai Hulu Sungai Tengah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen semu yang dilakukan secara kolaborasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 2 Barabai. Sampel dalam penelitian ini Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Barabai Hulu Sungai Tengah yang berjumlah 24 murid terdiri dari 16 laki-laki dan 8 perempuan.
Hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan pembelajaran melalui permainan bola di udara dengan siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Barabai Hulu Sungai Tengah ditandai dengan nilai rata-rata peserta didik. Pada pertemuan pertama (sebelum diberikan perlakuan) siswa mendapatkan nilai rata-rata 73,12 jumlah siswa mencapai KKM 75 berjumlah 14 siswa dengan persentase 58%. Kondisi tersebut mengalami peninkatan pada pertemuan kedua (setelah diberi perlakuan) nilai rata-rata yang didapat 87,92% jumlah siswa yang mencapai KKM 75 berjumlah 24 siswa dengan persentase ketuntasan 100%. hal tersebut menunjukan bahwa penelitian ini dapat memberikan perubahan.
Kata Kunci : sepak sila, melalui permainan bola di udara
References
Arifin, S. (2017). Internalisasi Sportivitas pada Pendidikan Jasmani. Zifatama Jawara.
Ihsan, A. (2019). Paradigma Baru Pengajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah. Makasar: UNM.
Mashud. (2019). Dasar Penulisan Karya Ilmiah Untuk Mahasiswa. Banjarbaru: Prodi. PJ JPOK FKIP ULM.
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Arifin, R., Erliana, M., & Faisal, A. (2021). Improving Learning Outcomes Of Big Ball Games Using Coopertive Methods In Primary Schools. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(1), 179-185.
Irianto, T., Arifin, R., & Firmansyah, M. (2021). The Relationship of Physical Activities and Student Learning Outcomes of Physical Education. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(2), 318-325.
Rahul, M., Dirgantoro, E. W., & Amiruddin, A. (2021). SURVEI SARANA DAN PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KECEMATAN MARABAHAN. STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(3), 123-128.
Copyright (c) 2022 Ahmad Fauzan, Muhammad Mulhim, Arie Rakhman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.