PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM VIDEO PEMBELAJARAN PJOK KD 3.1 DAN 4.1 KELAS VII SMP NEGERI 3 MARTAPURA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana penerapan pendekatan saintifik dalam video pembelajaran PJOK Kd 3.1 dan 4.1 Kelas VII SMP Negeri 3 Martapura tahun ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah satu orang guru PJOK Kelas VII SMP Negeri 3 Martapura, dan sampel yang digunakan adalah dua buah video pembelajaran PJOK Kd 3.1 dan 4.1 yang dibuat oleh guru PJOK Kelas VII SMP Negeri 3 Martapura yang dipublikasikan pada channel youtube Dy Azka Channel. Hasil Penelitian Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan dapat disimpulkan: (1) Dalam indikator karakteristik pembelajaran dengan pendekatan saintifik berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian ini pendidik sangat rendah, (2) Dalam indikator Tujuan pendekatan saintifik pendidik masih kurang baik membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah secara sistematik, (3) Dalam indikator prinsip pendekatan saintifik masih kurang baik berdasarkan data yang diperoleh dari dua buah video pembelajaran dalam penelitian, (4) Dalam indikator pendekatan saintifik dalam pembelajaran PJOK peserta didik kurang aktif dalam melakukan proses pembelajaran.
References
Abdul Majid dan Chaerul Rochman. 2014. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kuirikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Irianto, T. (2020). Olahraga Pendidikan. Radar Banjarmasin.
Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2021 Erlan Hendrix M., Rahmadi Rahmadi, Mulhim Mulhim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.