SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP/SEDERAJAT SE-KECAMATAN AWAYAN KABUPATEN BALANGAN

  • Ahmad Sholeh Universitas Lambung Mangkurat
  • Sarmidi Sarmidi Universitas Lambung Mangkurat
  • Akhmad Amiruddin Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sarana dan prasarana PJOK di SMP/sederajat se-Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan. Karena Proses Pembelajaran dipengaruhi oleh sarana dan prasarana, sehingga jika sarana dan prasarana dalam keadaan baik maka akan memudahkan tercapainya suatu pembelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan,kondisi baik buruk sarana dan prasarana PJOK di SMP/sederajat se-Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Metode pemilihan Sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah SMP/sederajat se-Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan yaitu sebanyak 4 sekolah dengan objek sarana dan prasarana PJOK. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk mengklasifikasikan jenis data diperoleh dari lembar observasi. Data dikategorikan mengenai jumlah keberadaan,kondisi baik buruk sarana dan prasarana PJOK.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sarana dan prasarana PJOK yang terdapat di SMPN 1 Awayan, SMPN 4 Awayan, MTsN 3 Balangan, dan MTs Al-Hidayah Bihara sesuai dengan setiap Silabus pada setiap kelas. Berdasarkan dari SMP/sederajat se-Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan terdapat masih banyak sarana dan prasarana yang belum ada.

References

Agus S. Suryobroto. (2004). ‘Diktat Mata Kuliah Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani’: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Depdiknas. 2006. Permendiknas.No.22 tentang ‘Tujuan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan’. Jakarta: Depdiknas.

Herman H, A. R. (2018). ‘Survey Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di Smp/Mts Swasta Kabupaten Pangkep Tahun 2018’.

Hernawati. (2019). ‘Survei Sarana Dan Prasarana Olahragaterhadap Hasil Belajar Penjas Smpnegeri 1 Pujananting Kab. Barru’. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar.

Hidayat Bahtiar. (2020). ‘Survei Sarana Dan Prasaran Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Banjarbaru Tahun 2020’. Fkip Jpok Universitas Lambung.

Irianto, T. Olahraga Pendidikan. Radar Banjarmasin, 13 Januari 2020 JPOK. (2018). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Skripsi, Tesis, Artikel, dan Makalah Edisi 2. Banjarbaru : JPOK FKIP ULM Banjarbaru Kalimantan Selatan.

Permendikbud (2018) Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah MenengahKejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan, diakses 15 Februari 2021.

Pratama, (2018). ‘Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Sekolah Menengah Pertama dan Sederajat’ ‘, Universitas Negeri Surabaya Fakultas Ilmu Olahraga.

Risyanto Wahyu. (2017).’ Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul Tahun 2017’. Universitas Negeri Yogyakarta.

Published
2021-09-30