KONTRIBUSI PANJANG LENGAN KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI TERHADAP KECEPATAN DAN KETEPATAN SERANGAN ATLET ANGGAR KABUPATEN TABALONG

  • Yogi Prasetyo Universitas Lambung Mangkurat
  • Said Abdillah Universitas Lambung Mangkurat
  • Herita Warni Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Kontribusi Panjang Lengan, Kekuatan Otot Lengan, Kekuatan Otot Tungkai, Kecepatan dan Ketepatan, Serangan Atlet Anggar

Abstract

Tujuan didalam penelitian ini ialah ada tidaknya kontribusi panjang lengan kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai secara bersama-sama terhadap kecepatan dan ketepatan serangan atlet anggar Kabupaten Tabalong. Dengan metodenya yaitu: metode Expost Facto dengan pengambilan datanya secara tes dan pengukuran yang di analisis dengan metode regresi. Populasinya ialah seluruh atlet anggar Kabupaten Tabalong yang berjumlah 30 orang, adapun yang menjadi sampelnya ialah 12 orang, dengan cara pengambilan sampel menggunakan tehnik Porposive Sampling.

Rancangan analisis datanya yaitu: 1) dengan Uji Normalitas dengan uji Kolmogorowv- Smirnov Test, 2) Uji Homogenitas dengan uji Test of Varience, 3) Uji Linearitas, dan 4) Uji Hipotesis statistika data dengan menggunakan media. Kesimpulannya yaitu: bahwa ada kontribusi panjang lengan kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai secara bersama-sama terhadap kecepatan dan ketepatan serangan atlet anggar Kabupaten Tabalong.

References

Ismaryati. 2006. Tes dan pengukuran olahraga. Surakarta: percetakan: LPP UNSdan UNSPres

Kurniawan, Faidillah. 2010. Mengenal Cabang Olahraga Klasik Anggar. Yogyakarta. Universitas Negri Yogyakarta

Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Mylsidayu, Apta. 2015. Ilmu kepelatihan dasar. Bandung: Alfabetacv

Patmawati. 2017. Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai, Daya Ledak Otot Lengan Dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Ketepatan Serangan Menggunakan Senjata Degen Pada Atlet Anggar.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Trihendrasi, C. 2012. Analisis Data Statistik. Yogyakarta: penerbit ANDI

Widiastuti. 2015. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: Rajawali Rers

Published
2021-09-30