KESIAPAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN LIANG ANGGANG DALAM MERENCANAAN PROSES PERANGKAT PEMBELAJARAN

  • Okta Rusmaditya Rahim Universitas Lambung Mangkurat
  • Herita Warni Universitas Lambung Mangkurat
  • Mashud Mashud Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Kesiapan, Pendidikan Jasmani, Perangkat Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesiapan pendidik dalam merencanakan proses pembelajaran, terkhusus pada proses perencaan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Tujuan dalam hal ini ialah agar dapat diketahui apakah Kesiapan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar Di Kecamatan Liang Anggang sesuai dengan kurikulum 2013 pembelajarannya.

Metode yang akan digunakan ialah sebagai berikut yaitu dengan penelitian kuantitatif yang akan dipakai dengan survei dilapangan yaitu dengan cara tekniknya berupa dokumentasi, RPP dan Wawancara. Sampel yang digunakan sebanyak 3 sekolahan yang bekerjasama dengan ULM yaitu di Kecamatan Liang Anggang.

Hasil dari Penelitian ini bahwa tidak semua guru olahraga akan selalu memekai dengan perangkat yang ada di sekolahan berupa RPP atau silabus tetapi sebagian juga menggunakan itu, maka dari itulah terkadang guru tidak siap dalam memberikan materi kepada peserta didik karna untuk metode/model bahan untuk mengajar belum tersusun dengan baik, sehingga cara mengajar apa yang guru berikan saja tidak mesti sesuai dengan Kurikulum 2013.

References

Ali, M. (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta: Grasindo.

Maksum Ali (2012). Metodologi Penelitian dalam olahraga. Surabaya: Unesa University Press-2012.

Mashud, (2018). Analisis Masalah Guru PJOK Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Mulyasa.(2013).Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung.Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Th 2005 bab IV pasal 20.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Published
2021-03-31