IMPLEMENTASI KI DAN KD PADA PEMBELAJARAN PJOK PADA KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH ATASNEGERI 3 KOTA BANJARBARUTAHUN AJARAN 2019/ 2020

  • Muhammad Khairullah Universitas Lambung Mangkurat
  • Herita Warni Universitas Lambung Mangkurat
  • Ma'ruful Kahri Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Implementasi KI KD, Kegiatan Pembelajaran, Guru Pendidikan Jasmani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi KI dan KD pada pembelajaran PJOKpada Kurikulum 2013 di SekolahMenengahAtasNegeri 3 Kota Banjarbaru yang berlokasi di Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru. Penelitian yang dilakukan dengan subjek sampel pendidik mata pelajaran pendidikan jasmani. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kompetensi inti dan kompentensi dasar pada proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian survei dilakukan untuk mengukur ketercapaianImplementasi KI dan KD pada pembelajaran PJOKpadaKurikulum 2013 Di SekolahMenengahAtasNegeri 3 Kota Banjarbaru. Subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah pendidik/ guru SMA Negeri 3 Kota Banjarbaru, dengan pengumpulan data melalui survey pengamatan dan lembar observasi pada kegiatan proses pembelajaran yang di lakukan subjek penelitian. Pada penelitian ini subjek sudah mengimplementasikan KI dan KD pada pembelajaran PJOK di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Banjarbaru sesuai dengan Kurikulum 2013 dan Permendikbud nomor 37 tahun 2018. Kesimpulannya adalah Implementasi kompetensi inti dan kompetensi dasar pada pembelajaran PJOK pada kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Banjarbaru sudah sesuai dengan kurikulum 2013 dan permendikbud 37 tahun 2018 yang telah di implementasikan oleh pendidik PJOK disekolah tersebut.

References

Adang, Suherman. 2000. Dasar-dasar Penjaskes. Jakarta : Depdikbud Hadari Nawawi, H. Murni Martini, Penelitian Terapan. Yogyakarta : Gajah Mada University Press,cet. 2, 1966.

Mohammad, Nuh. 2013. Kurikulum 2013. Kompas. 7 Maret 2013, hal. 6 Nurdin, Usman. 2002. Konteks implementasi berbasis kurikulum. Semarang : CV Obor Pustaka.

Permendikbud nomor 37 tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada kurikulum 2013. (2018). Jakarta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Published
2021-03-31