KESIAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DI SMA NEGERI SE-KOTA BANJARBARU TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Muhammad Iqbal Muzakkir Universitas Lambung Mangkurat
  • Herita Warni Universitas Lambung Mangkurat
  • Said Abdillah Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Kesiapan, Perangkat Pembelajaran, Pendidikan Jasmani

Abstract

Tujuan didalam penelitian ini ialah agar dapat mengetahui apakah guru tersebut sudah menerapkan atau tidak perangkat pembelajaran seperti RPP, Silabus, Bahan Ajar PHB, Media. Jenis penelitian yang dipakai ialah survey dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasinya ialah pendidik PJOK kelas X dengan sampel diambil menggunakan teknik Cluster sampling yang berjumlah 20%. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner dengan skala likert.

Berdasarkan hasil penelitian setelah dianalisis dengan menggunakan rumus persentase yaitu sangat kuat dengan skor 83% untuk SMAN 3 banjarbaru, 50% untuk SMAN 2 Banjarbaru, 33,3% untuk SMAN 4 Banjarbaru.Dan 0% untuk SMAN 1 Banjarabaru. Tapi bukti dokumentasi yang diterima tidak sesuai, banyak sekali kekurangannya.

Kesimpulan dari penelitian ini ialah pendidik PJOK masih belum siap dalam perangkat pembelajaran seperti Silabus, RPP, Bahan Ajar, PHB, dan Media di SMAN se-Kota Banjarbaru tahun ajaran 2019-2020.

References

Dewi, M.(2013). Pengembangan Perangkat Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pengembangan Intelegnsi Majemuk Siswa Pada Materi Sel Kelas XI SMA.SMA Negeri 1 Demak.

Kurniawan, O., & Novianan, E. 2017. Penerapakan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Jurnal Primary Proram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Diakses pada 11 Februari 2020.

Sarmidi, & Hamid, A (2018). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Banjarbaru JPOK FKIP ULM.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Surahni. 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebagai Sarana Pendidikan Moral. Jurnal Universitas Muhammadiyah Magelang. (Online). Diakses pada 11 Februari 2020).

Wiarto, Giri. 2015. Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.

Published
2021-03-31