RELEVANSI KI DAN KD PADA PROSES PEMBELAJARAN PJOK MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 15 BANJARBARU

  • Muhammad Budhi Rifani Universitas Lambung Mangkurat
  • Herita Warni Universitas Lambung Mangkurat
  • Syamsul Arifin Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Relevansi KI KD, Perencanaan Pembelajaran, Guru Pendidikan Jasmani

Abstract

Dalam tujuannya ini penelitian ialah supaya dapat mengetahui Relevansi KI dan KD pada proses pembelajaran PJOK menggunakan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 15 Banjarbaru dengan alokasi di kota Banjarbaru. Penelitian yang dilakukan dengan subjek pendidik pendidikan jasmani. Dalam metode yang dipakai menggunakan tekhnik survei. Dengan menggunakan survei ini agar dapat melihat secara langsung dan juga dapat mengukur tercapainya Relevansi KI dan KD pada proses pembelajaran PJOK menggunakan Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 15 Banjarbaru. Untuk sampelnya ialah pendidik/guru SMP Negeri 15 Banjarbaru yang masih tidak bermitra/bekerja sama dengan ULM. Untuk pengumpulan datanya berupa dokumentasi dan lembar angket kegiatan pendidik yang dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani.

Pada penelitian ini didapatkan data perangkat (RPP) untuk pertemuan pertama sebesar 68% yakni pada katagori kuat, untuk data perangkat (RPP) pertemuan kedua sebesar 68% pada katagori kuat, sedangkan untuk data dilapangan untuk pertemuan pertama sebesar 74% yakni pada katagori kuat, lalu untuk data lapangan yang pertemuan kedua sebesar 77% pada katagori kuat, dalam 2 kali pertemuan dengan pendidik pendidikan jasmani. Dapat diketahui bahwa Relevansi KI dan KD pada proses pembelajaran PJOK menggunakan Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 15 Banjarbaru adalah baik katagori kuat.

References

Abdul Manad. (2015). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Kalimedia: Yogjakarta.

Mulyasa, E. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 Bandung: Remaja Rosdakarya.

Menteri, (n.d). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 32 Tahun 2013. Pemendikbud.

Nur Hidayati I. P. (2017). Implementasi Pembelajaran Pjok Berdasarkan Kurikulum 2013 Jurnal . Universitas Negeri Yogyakarta.

Permendikbud nomor 24 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013.(2016). Jakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia NO. 20 Tahun 2003 pasal 1 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Kemendikbud.

Published
2021-03-31