STATUS GIZI DITINJAU DARI PENGETAHUAN POLA HIDUP SEHAT PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI MARABAHAN 2 KABUPATEN BARITO KUALA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status gizi dan pengetahuan peserta didik tentang pola hidup sehat, peserta didik Sekolah Dasar Negeri Marabahan 2 Kabupatn Barito Kuala. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dengan menggunakan instrumen angket dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini peserta didik Sekolah Dasar Negeri Marabahan 2 Kabupatn Barito Kuala dengan jumlah populasi 419 orang dan sampel berjumlah 35 orang dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian status gizi peserta didik Sekolah Dasar Negeri Marabahan 2 Kabupatn Barito Kuala dengan jumlah sampel 35 (100%) orang dengan status gizi baik. Hasil angket pengetahuan pola hidup sehat jumlah sampel 35 orang peserta didik Sekolah Dasar Negeri Marabahan 2 Kabupataen Barito Kuala, kategori sangat baik 0 (0%) orang, kategori baik 18 (51%) orang, kategori cukup 17 (49%) orang, kategori kurang baik 0 (0%) orang, kategori tidak baik 0 (0%). Kesimpulan hasil penelitian status gizi ditinjau dari pengetahuan pola hidup sehat peserta didik Sekolah Dasar Marabahan 2 Kabupatn Barito Kuala dengan jumlah sampel 35 (100%) orang dengan status gizi baik. Sedangkan pengetahuan pola hidup sehat peserta didik Sekolah Dasar Marabahan 2 Kabupatn Barito Kuala dengan dapat disimpulkan dalam ketegori baik.
References
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas.
Effendi, L dan Riza Umami. 2005. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada SD Negeri Cikeusal Kidul 01 Ketanggungan Jawa Tengah Tahun 2004. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan.Jakarta : Universitas Muhammadiyah Jakarta. p : 1; 169.
Sibuea, D. 2007. Raih Hidup Sehat dengan Cuci Tangan Pakai Sabun-Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS). http://www.promosikesehatan. com/?act=article&id=424. Last
update 2007 (25 Oktober 2008)
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Copyright (c) 2021 Muhammad Alfian Noor, Mita Erliana, Ramadhan Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.