KRITERIA PENILAIAN GURU PENDIDIKAN JASMANI ASPEK PSIKOMOTOR PADA SEKOLAH DASAR MITRA JPOK FKIP ULM
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman tentang kurikulum 2013 terkhusus pada penilaian dan evaluasi. kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kriteria penilaian pendidikan jasmani aspek psikomotor pada proses belajar mengajar berdasarkan kurikulum 2013.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dari RPP dan LKPD dari pendidik. Sampel dari penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri yang bermitra dengan kampus JPOK FKIP ULM di Kota Banjarbaru yang berjumlah 5 sekolah. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yang dituangkan dalam presentase.
References
Aziz, F., Nurjanah, F., & Sari, D. P. (2017). Aktualisasi TTB (Teori Taksonomi Bloom) Melalui Drama Kepahlawanan Guna Penanaman Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. FKIP E-Proceeding PBSI Universitas Jember, 715–724.
Jasmani, P., Dan, K., Keolahragaan, F. I., & Semarang, U. N. (2013). Survei Proses Pelaksanaan Evaluasi Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Oleh Guru Di Smp Negeri Se-Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen.
Juliantine, T. (n.d.). PENILAIAN DALAM PENDIDIKAN JASMANI.
Komarudin. (2016). PENILAIAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Permendikbud no. 23 year 2016. (2016). PERMENDIKBUD no.23 Tahun 2016. NO. 23 Tahun 2016, (Standar Penilaian Pendidikan).
Permendikbud No. 37 tahun 2018. TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH
Ramadan, G., & Iskandar, D. (2018). Pengaruh Gaya Mengajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Lay Up Shoot. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 17. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.133
Sugiyono. (2010). Metode Peneletian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: ALFABETA
Setyorini, E. N. (2013). Instrumen Penilaian Psikomotor Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani , Olahraga , dan Kesehatan. 349–365.
Winarno, M. E. (2014). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Malang: Universitas Negeri Malang
Copyright (c) 2021 I Wayan Krismayadi, Sofyan Sofyan, Rahmadi Rahmadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.