INDEX PEMBAGUNAN OLAHRAGA DITINJAU DARI ASPEK RUANG TERBUKA OLAHRAGA DI KABUPATEN BANJAR

  • Muhammad Aldi Setiawan Universitas Lambung Mangkurat
  • Said Abdillah Universitas Lambung Mangkurat
  • Tri Irianto Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Index Pembangunan Olahraga, Ruang Terbuka Olahraga, Sarana Olahraga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketersediaan ruang terbuka olahraga di Kabupaten Banjar. Ketersediaan ruang terbuka olahraga yang seharusnya berukuran 3,5 m 2 untuk perorangnya. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 3 kecamatan yang diambil di Kabupaten Banjar. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif berupa dokumentasi ketersediaan ruang terbuka olahraga dan jumlah penduduk dari 3 kecamatan di Kabupaten Banjar. Parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat pembangunan ketersediaan ruang terbuka olahraga yaitu menggunakan sport development index sebagai parameter pembangunan sarana dan prasarananya, yaitu terkait pada aspek ruang terbuka olahraganya.
Pada penelitian ini didapatkan data jumlah penduduk Kabupaten Banjar yang diambil dari 3 kecamatan dan ketersediaan ruang terbuka olahraga dari dispora. Yang kemudian dianalisis menggunakan rumus index dimensi ruang terbuka olahraga dari setiap kecamatan. Setelah dianalisis didapatkan hasil perbandingan dari tiap kecamatan sebagai berikut : kecamatan Martapura 0.139, Martapura Timur 0.335, Karang Intan 0.141 sehingga didapatkan hasil perbandingan ketersediaan ruang terbuka olahraga Kabupaten Banjar dengan standar ruang terbuka adalah 0.211. atau setara dengan 21%. Secara keseluruhan penelitian ini masuk dalam kategori kurang untuk ketersediaan ruang terbuka olahraga yang berada di Kabupaten Banjar).

References

Irianto, T. Olahraga. (Online), (http://scholar.google.co.id/scholar_url?url=http%3A%2F%2Feprints.ulm.ac.id%2F5723%2F1%2F1.%2520OLAHRAGA.pdf&hl=id&sa=T&oi=qabsggp&ct=res&cd=0&d=14856663887170633079&ei=GTKcXtWjELuF6rQPw6aZoA0&scisig=AAGBfm0Pkt_5Lx1WyQFOqx_wydOJzRibnw&nossl=1&ws=360x606&at=), diakses 17 April 2020.

Mutohir, Toho, C. (2004). Sport Development Index: Jakarta Pusat.

Mutohir, Toho, C. (2007). Sport Development Index: Jakarta Pusat.

Miswari. 2015. Sarana Olahraga Dengan Penekanan Ruang Terbuka Hijau Sebagai Wadah Interaksi Sosial Masyarakat Di Kabupaten Kubu Raya. Pontianak : Program Studi Arsitektur, Fakultas teknik, Universitas Tanjungpura.

Setiawan, Wawan. 2019. Tingkat Pembangunan Olahraga Ditinjau Melalui Sport Development Index (SDI) di Kecamatan Banyuwangi. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Olahraga & Kesehatan, Universitas PGRI Banyuwangi.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Undang Undang Republik Indonesia No.3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. 2005. Jakarta : Sekretariat Negara Republik Indonesia

Winarni, Sri. 2011. "Pengembangan Karakter dalam Olahraga dan Pendidikan Jasmani. Yogyakarta : Universitas Yogyakarta

Published
2021-03-31