KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERPEN KETIKA SEBUAH MIMPI DIPAHAMI KARYA AL-KAUSARZ SABANI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 26 BANJARMASIN

  • Annisyah Maulida Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Moh. Fatah Yasin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Dewi Alfianti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: menulis, kemampuan menulis, cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan menceritakan kembali isi
cerpen peserta didik kelas VIII SMPN 26 Banjarmasin. Tarigan menyatakan bahwa menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang. Metode dan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian, yaitu 60 peserta didik kelas VIII SMPN 26 Banjarmasin. Berdasarkan kemampuan menceritakan isi cerpen pada kelas VIII-B 50% peserta didik “mampu” dan 50% peserta didik “sangat mampu” dalam menceritakan isi cerpen. Sedangkan di kelas VIII-E 47 % peserta didik “mampu” dan 53% peserta didik “sangat mampu" dalam menceritakan isi cerpen. Secara keseluruhan gabungan kelas VIII-B dan VIII-E 52% peserta didik dinyatakan “mampu” dalam menceritakan isi cerpen dan 48% peserta didik dinyatakan “sangat mampu” dalam menceritakan isi cerpen.

Published
2019-04-15