KEMAMPUAN MENGGUNAKAN EJAAN BAHASA INDONESIA DALAM TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 7 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2018/2019

  • Riska Febrianty Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Zakiah Agus Kusasi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Noor Cahaya Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: kemampuan, Ejaan Bahasa Indonesia, eksposisi

Abstract

Penelitian dilaksanakan bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan, penerapan, dan pemakaian Ejaan Bahasa Indonesia dalam teks eksposisi peserta didik kelas VIII SMPN 7 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan populasi berjumlah 256 orang dan ditetapkan sampel sebesar 63 orang. Besar sampel ini yaitu 25% dari jumlah populasi. Berdasarkan hasil analisis data, rerata penguasaan EBI kelas VIII adalah 64,9206 yang termasuk dalam kategori “cukup mampu”. Rerata penerapan EBI kelas VIII adalah 54,0159 yang termasuk dalam kategori “kurang mampu”. Persentase pemakaian EBI pada peserta didik kelas VIII SMPN 7 Banjarmasin, yaitu 30% “pemakaian huruf”, 30% “penulisan kata”, 38% “pemakaian tanda baca”, dan 2% “penulisan unsur serapan”. Persentase kesalahan pemakaian EBI pada peserta didik kelas VIII SMPN 7 Banjarmasin, yaitu 64,2% kesalahan pemakaian huruf, 14,5% kesalahan penulisan kata, 20,9% “kesalahan pemakaian tanda baca”, dan 0,4% “kesalahan penulisan unsur serapan”.

Published
2018-09-10