JURMADIKTA http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta <p style="text-align: center;"><strong>JURMADIKTA: JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA</strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong>JURMADIKTA</strong> is the Mathematics Education Students Journal of the Teaching training and Education Faculty of Lambung Mangkurat University. <strong>JURMADIKTA</strong> was founded in 2018 in the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teaching training and Education, Lambung Mangkurat University. <strong>JURMADIKTA</strong> is a collection of articles/journals resulting from student’s thesis research in the field of mathematics education that have never been published/published in other media. <strong>JURMADIKTA</strong> is published by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University which is published 3 times a year (March, July and November).</p> <p><strong>Informasi Jurnal<br> &nbsp;1. Journal Title :</strong>&nbsp;JURMADIKTA<br> <strong>&nbsp;2. Initial :</strong>&nbsp;jurmadikta<br> <strong>&nbsp;3. Publication Frequency : </strong>3 Issues per year<br><strong>&nbsp;4.</strong> <strong>Print ISSN :</strong> 2797-829X<br><strong>&nbsp;5. Online ISSN :</strong> 2797-8435<br><strong>&nbsp;6. DOI:</strong>&nbsp;<a title="DOI" href="https://dx.doi.org/10.20527" target="_blank" rel="noopener">http://dx.doi.org/10.20527</a><br><strong>&nbsp;7.</strong> <strong>OAI Adress : </strong><a title="OAI" href="http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/oai" target="_blank" rel="noopener">http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/oai</a><br><strong>&nbsp;8.</strong> <strong><em>Editor in Chief</em></strong> : Dr. Hj. Noor Fajriah, M.Si.<br><strong>&nbsp;9. Publisher:</strong> Mathematics Education Study Program, Teaching and Education Faculty, Lambung Mangkurat University, Banjarmasin.</p> <p><strong>Secretariat: Mathematics Education Study Program FKIP ULM Banjarmasin</strong><br><strong>Brigadier General H. Hasan Basri street, Kayu Tangi, Banjarmasin, South Kalimantan</strong><br><strong>Postal Code: 70123 Tel/Fax. (0511) 330 4914</strong></p> <p><strong>Email: <a href="https://mail.google.com/mail/u/0/?view=cm&amp;fs=1&amp;tf=1&amp;source=mailto&amp;to=jurmadikta@ulm.ac.id">jurmadikta@ulm.ac.id</a></strong></p> en-US jurmadikta@ulm.ac.id (Hj. Indah Budiarti) jurmadikta@ulm.ac.id (Ahmad Alfan) Mon, 11 Mar 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SUMATIF MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 1 BANJARMASIN http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/1827 <p style="text-align: justify;">Salah satu bentuk penilaian yang masih dipertahankan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka adalah penilaian sumatif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan instrumen penilaian sumatif yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&amp;D). Model pengembangan penelitian ini mengikuti alur ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation</em>). Analisis dilakukan terhadap validitas empiris, tingkat kesukaran, daya pembeda, reliabilitas, dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa; (1) Proses pengembangan instrumen penilaian sumatif dilakukan melalui lima tahapan, yaitu tahap <em>analysis</em>&nbsp;untuk mencari informasi terkait keadaan atau situasi di SMK Negeri 1 Banjarmasin, tahap <em>design</em>&nbsp;untuk merancang kisi-kisi dan instrumen penilaian, tahap <em>development</em>&nbsp;untuk mengembangkan kisi-kisi dan butir soal yang sudah dirancang, tahap <em>implementation</em>&nbsp;untuk mengetahui respons peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan mendapatkan tingkat validitas serta reliabilitas pada uji coba lapangan, serta tahap <em>evaluation</em>&nbsp;untuk dapat memperbaiki produk instrumen penilaian sumatif. (2) Hasil analisis validitas empiris memperoleh 18 butir soal dalam kategori valid dan 2 tidak valid. Hasil analisis reliabilitas memperoleh nilai koefisien 0,815 dan masuk dalam kategori sangat reliabel.</p> Rifdatun Nufus, Chairil Faif Pasani, Kamaliyah Kamaliyah ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/1827 Mon, 11 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN TES FORMATIF MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK SMP http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2422 <p style="text-align: justify;">Tes formatif memiliki peran penting dalam penerapan kurikulum merdeka. Hal ini yang melatarbelakangi penelitian pengembangan tes formatif ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan tes formatif sehingga menghasilkan tes formatif matematika yang valid dan reliabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Soal tes formatif pada penelitian ini berbentuk uraian, terdiri dari 3 soal dengan 7 pertanyaan. Uji coba dilakukan di SMPN 14 Banjarmasin dengan subjek penelitian 3 orang siswa untuk small group dan 25 orang siswa untuk field test. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan soal tes formatif yang diberikan kepada beberapa siswa. Adapun analisis data yang dilakukan adalah analisis validitas empiris dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh; (1) Proses pengembangan tes formatif matematika melalui lima tahap. Pada tahap analysis dilakukan analisis jenjang kelas dan analisis kurikulum yang digunakan di SMP Negeri 14 Banjarmasin. Pada tahap design menghasilkan kisi-kisi dan rancangan soal tes formatif. Pada tahap development menghasilkan soal tes formatif matematika yang valid berdasarkan penilaian dari validator soal. Pada tahap implementation, di small group diperoleh respons guru dan siswa untuk soal tes formatif matematika. Sementara itu, pada field test diperoleh analisis validitas empiris dan reliabilitas dari nilai siswa. Pada tahap evaluation, dilakukan revisi soal tes berdasarkan saran validator. (2) Hasil analisis validitas empiris menunjukkan soal 1a,1b, 1c, 2a,2b,3a valid dan soal 3b tidak valid, serta hasil reliabilitas soal mencapai koefisien 0,763 sehingga masuk dalam kategori reliabilitas tinggi.</p> Diva Farapikatan, Chairil Faif Pasani, Kamaliyah Kamaliyah ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2422 Mon, 11 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2387 <p style="text-align: justify;">Salah satu mata pelajaran wajib pada pendidikan formal adalah matematika. Namun masih banyak siswa yang menganggap matematika sulit dipahami karena kurang memahami konsepnya. Beberapa sekolah masih menggunakan perangkat pembelajaran berupa LKPD yang masih belum mampu membantu siswa memahami konsep pembelajaran karena hanya berupa materi, contoh soal, dan soal latihan. LKPD juga kurang memberikan ruang kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Salah satu solusi untuk memandu penguasaan konsep matematika adalah dengan menyediakan perangkat pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik berbasis masalah kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja peserta didik yang valid berdasarkan permasalahan kontekstual pada sistem persamaan linear dua variabel pada kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Plomp yang terdiri dari penelitian pendahuluan, pengembangan prototipe, dan penilaian. Pada penelitian ini tahap penilaian tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan dana. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi yang dilakukan oleh 3 orang validator. Hasil uji validitas LKPD yang dikembangkan menunjukkan kriteria valid karena memperoleh skor rata-rata sebesar 3,26. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan LKPD yang valid dalam konteks lingkungan lahan basah pada materi sistem persamaan linear dua variabel.</p> Muhammad Iwan Harno, Noor Fajriah, Yuni Suryaningsih ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2387 Mon, 11 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN KOMA (KOMIK MATEMATIKA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS ETNOMATEMATIKA http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2261 <p>Matematika dipandang sebagai pelajaran yang kompleks sehingga siswa sukar dalam menguasainya. Faktor pemicu hal tersebut adalah kurangnya minat matematika serta rendahnya pemahaman konseptual. Media pembelajaran yang menarik serta dipadukan dengan masalah konseptual berbasis etnomatematika mampu meningkatkan minat belajar siswa. Salah satu medianya adalah komik matematika berbasis etnomatematika. Komik ini berisi cerita bergambar dengan mengusung unsur kebudayaan sehingga dapat menarik minat belajar siswa. Tujuan penelitian adalah menghasilkan media pembelajaran berupa komik matematika berbasis etnomatematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model 4D yang disederhanakan menjadi tiga tahap yaitu tahap pendefinisian (<em>define</em>), tahap perancangan (<em>design</em>), dan tahap pengembangan (<em>develop</em>). Dilakukan uji validasi oleh 2 orang validator dan uji kepraktisan oleh siswa. Pengambilan data menggunakan lembar validasi media, lembar validasi materi, dan lembar angket respon siswa. Komik matematika dikatakan valid jika hasil penilaian dari validator memenuhi kriteria cukup tinggi atau tinggi dan dikatakan praktis jika hasil penilaian siswa bermodus setuju atau sangat setuju. Hasil uji validasi media diperoleh hasil persentase sebesar 81,67% dengan kriteria tinggi dan hasil uji validasi materi diperoleh persentase sebesar 75% dengan kriteria cukup tinggi. Hasil uji kepraktisan diperoleh modus sangat setuju. Jadi, dihasilkan media pembelajaran berupa komik matematika berbasis etnomatematika yang valid dan praktis.</p> Farida Alfiyyah, Ati Sukmawati, Juhairiah Juhairiah ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2261 Mon, 11 Mar 2024 00:00:00 +0000 HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STATISTIKA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2576 <p>Gaya belajar siswa mengacu pada berbagai cara siswa belajar dan memproses informasi. Gaya belajar siswa dapat mempengaruhi keefektifan belajarnya, sehingga penting bagi guru untuk memahami gaya belajar siswa agar dapat mengembangkan metode pembelajaran yang tepat. Namun faktanya guru masih menggunakan metode ceramah sehingga suasana kelas kurang menyenangkan dan hasil belajar juga kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan gaya belajar siswa, 2) Mendeskripsikan hasil belajar statistika siswa, 3) Mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar statistika. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistika <em>product moment</em>. Pengumpulan data diperoleh melalui angket dan tes. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan <em>Nonprobability</em> <em>Sampling</em> yaitu <em>Purposive Sampling</em>, sampel yang digunakanhanya 1 kelas yang berjumlah 25 orang. Hal inilah yang menjadi objek penelitian siswakelas X jurusan tata busana 3 SMKN 4 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar siswa.</p> Septi Perdana Putri, Noor Fajriah, Juhairiah Juhairiah ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2576 Mon, 11 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2060 <p>Kemampuan berpikir kritis merupakan.suatu kemampuan siswa yang.mampu memberikan.penjelasan.mendasar,.membangun keterampilan, memberikan penjelasan lebih lanjut, mengatur strategi dan taktik dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih cenderung rendah. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa adalah model <em>Problem Based Learning</em> (PBL). Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu <em>Quasi Eksperiment</em> dengan populasi siswa kelas X SMA Negeri 6 Banjarmasin. Pengambilan sampel menggunakan <em>simple random sampling</em>, diperoleh kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan kelas X-3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan tes dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA.</p> Fana Agustia, Iskandar Zulkarnain, Rizki Amalia ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2060 Mon, 11 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN E-MODUL KONTEKS LAHAN BASAH MENGGUNAKAN FLIPBOOK PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2271 <p style="text-align: justify;">Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian peserta didik untuk dikuasai. Keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar salah satunya didukung oleh adanya bahan ajar. Seiring berkembangnya teknologi pada saat ini, media pada bahan ajar pun juga harus berkembang dan berinovatif. Pengembangan bahan ajar yang efektif, efisien, kontekstual serta mengikuti perkembangan teknologi dapat membuat peserta didik lebih termotivasi saat melakukan pembelajaran secara mandiri. E-modul dengan konteks lahan basah menggunakan aplikasi <em>flipbook </em>merupakan media ajar yang menarik serta dapat memotivasi peserta didik saat belajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-modul konteks lahan basah menggunakan <em>flipbook</em> pada materi persamaan kuadrat yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu tahap pendefinisian <em>(define)</em>, tahap perancangan <em>(design)</em>, dan tahap pengembangan <em>(develop)</em>. Pengambilan data menggunakan lembar validasi penilaian ahli media, ahli materi dan lembar angket respon peserta didik. Hasil uji validasi materi dengan nilai validasi sebesar 85,7% dikatakan valid dengan memenuhi kriteria tinggi dan hasil uji validasi media dengan nilai validasi sebesar 75% dikatakan valid dengan memenuhi kriteria cukup tinggi. Hasil uji kepraktisan dengan responden siswa mendapat respon positif sehingga menenuhi kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa e-modul konteks lahan basah menggunakan <em>flipbook</em> merupakan media yang valid dan praktis.</p> Maya Alviana, Ati Sukmawati, Rizki Amalia ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2271 Mon, 11 Mar 2024 00:00:00 +0000 MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERKONTEKS KAWASAN LAHAN BASAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN QUIZIZZ PADA MATERI PELUANG http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2257 <p style="text-align: justify;">Motivasi belajar siswa dapat dilihat dari ketercapaian indikator-indikator motivasi belajar. Beberapa indikator motivasi belajar tersebut masih belum terlihat pada saat pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu alternatifnya adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Team Games Tournament </em>dalam pembelajaran matematika berbantuan <em>Quizizz</em> dimana LKPD dan evaluasi yang digunakan berkonteks kawasan lahan basah<em>.</em> Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan motivasi belajar dan hasil belajar siswa serta mengetahui hubungan motivasi belajar dan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Team Games Tournament</em> berbantuan <em>Quizizz</em>. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 2 Banjarmasin kelas VIII H tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah rata-rata, persentase dan uji korelasi. Setelah proses pembelajaran berkonteks kawasan lahan basah dengan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Team Games Tournament</em> berbantuan <em>Quizizz</em>, hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat beberapa indikator motivasi belajar yang mengalami peningkatan pada setiap pertemuan, nilai motivasi belajar siswa berada di kategori baik, (2) nilai tes hasil belajar menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berada di kategori tinggi, dan (3) tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa.</p> Nindyta Septiastuti Pratikto, R. Ati Sukmawati, Yuni Suryaningsih ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2257 Mon, 11 Mar 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA KONSEP KELILING DAN LUAS SEGITIGA http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2256 <p style="text-align: justify;">Literasi matematis merupakan salah satu kemampuan literasi dasar yang harus dikuasai siswa sekolah menengah pada kurikulum merdeka. Literasi matematis adalah kemampuan untuk mengenali dan memahami matematika dalam kehidupan nyata dan membuat penilaian dan penalaran yang tepat. Ini adalah keterampilan dasar yang sama pentingnya dengan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sebanyak 23 siswa SMPN 3 Banjarmasin kelas VIIA berpartisipasi dalam penelitian ini. Alat yang digunakan adalah tes dan wawancara dengan materi yang digunakan yaitu konsep segitiga. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian dan inferensi. Pengurangan materi dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah literasi matematika yaitu. perumusan tugas, penerapan konsep dan interpretasi hasil solusi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan literasi matematika siswa berada pada kategori yang berbeda yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Persentase terbesar adalah siswa dengan literasi matematika rendah yaitu 48% dari sampel. (2) Siswa mengetahui cara menerapkan indikator pertama literasi matematika dengan benar, yaitu merumuskan tugas. Namun masih belum sepenuhnya menjawab indikator literasi matematika yang kedua yaitu penerapan konsep. Juga, para siswa tidak sepenuhnya memenuhi yang ketiga kemampuan literasi matematis.</p> Rekno Winarsih, Hidayah Ansori, Rahmita Noorbaiti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2256 Mon, 11 Mar 2024 00:00:00 +0000 META-ANALISIS: PENGARUH MODEL PBL DAN MODEL PJBL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2185 <p style="text-align: justify;">Kajian mengenai pengaruh PBL dan model PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa telah banyak dilakukan dengan berbagai variasi hasil penelitian. Para peneliti sekarang lebih bergantung pada rangkuman penelitian yang tersedia, salah satunya menggunakan meta-analisis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan besar pengaruh dari PBL dan PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa. Artikel diperoleh melalui penelusuran menggunakan aplikasi <em>Publish or Perish</em>. Selanjutnya artikel tersebut diseleksi dengan 4 tahapan yaitu identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan lingkup studi. Penelitian ini menggunakan metode <em>systematic review</em> dengan proses meta-analisis menggunakan perhitungan <em>Effect Size</em>. Ada 62 artikel yang telah dianalisis. Dua puluh satu artikel model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah, 33 artikel PBL terhadap hasil belajar, 2 artikel PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan 6 artikel PjBL terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan <em>Effect Size</em> model PBL dan PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah maupun hasil belajar matematika siswa berada pada kategori besar.</p> Muhammad Khairin Rezani Rosyadi, Karim Karim, Asdini Sari ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2185 Mon, 11 Mar 2024 00:00:00 +0000