JURMADIKTA http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta <p style="text-align: center;"><strong>JURMADIKTA: JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA</strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong>JURMADIKTA</strong> is the Mathematics Education Students Journal of the Teaching training and Education Faculty of Lambung Mangkurat University. <strong>JURMADIKTA</strong> was founded in 2018 in the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teaching training and Education, Lambung Mangkurat University. <strong>JURMADIKTA</strong> is a collection of articles/journals resulting from student’s thesis research in the field of mathematics education that have never been published/published in other media. <strong>JURMADIKTA</strong> is published by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University which is published 3 times a year (March, July and November).</p> <p><strong>Informasi Jurnal<br> &nbsp;1. Journal Title :</strong>&nbsp;JURMADIKTA<br> <strong>&nbsp;2. Initial :</strong>&nbsp;jurmadikta<br> <strong>&nbsp;3. Publication Frequency : </strong>3 Issues per year<br><strong>&nbsp;4.</strong> <strong>Print ISSN :</strong> 2797-829X<br><strong>&nbsp;5. Online ISSN :</strong> 2797-8435<br><strong>&nbsp;6. DOI:</strong>&nbsp;<a title="DOI" href="https://dx.doi.org/10.20527" target="_blank" rel="noopener">http://dx.doi.org/10.20527</a><br><strong>&nbsp;7.</strong> <strong>OAI Adress : </strong><a title="OAI" href="http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/oai" target="_blank" rel="noopener">http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/oai</a><br><strong>&nbsp;8.</strong> <strong><em>Editor in Chief</em></strong> : Dr. Hj. Noor Fajriah, M.Si.<br><strong>&nbsp;9. Publisher:</strong> Mathematics Education Study Program, Teaching and Education Faculty, Lambung Mangkurat University, Banjarmasin.</p> <p><strong>Secretariat: Mathematics Education Study Program FKIP ULM Banjarmasin</strong><br><strong>Brigadier General H. Hasan Basri street, Kayu Tangi, Banjarmasin, South Kalimantan</strong><br><strong>Postal Code: 70123 Tel/Fax. (0511) 330 4914</strong></p> <p><strong>Email: <a href="https://mail.google.com/mail/u/0/?view=cm&amp;fs=1&amp;tf=1&amp;source=mailto&amp;to=jurmadikta@ulm.ac.id">jurmadikta@ulm.ac.id</a></strong></p> en-US jurmadikta@ulm.ac.id (Hj. Indah Budiarti) jurmadikta@ulm.ac.id (Ahmad Alfan) Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH SISWA KELAS VIII SMP/MTS http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/1766 <p style="text-align: justify;">Kemampuan pemecahan masalah (KPM) adalah kemampuan yang sangat penting dimiliki siswa, hal ini disebabkan KPM dapat diterapkan pada berbagai bidang dalam kehidupan nyata. Namun, pada kenyataanya siswa kurang mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan mata pelajaran matematika. Oleh karena itu, pada pelaksanaan pembelajaran perlu didukung dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat melatih KPM.&nbsp; Terdapat model pembelajaran yang dapat menjadi alternatif yaitu <em>Problem Based Learning</em> (PBL). Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh model pembelajaran PBL dengan konteks lingkungan lahan basah terhadap KPM matematika siswa. Metode yang digunakan yaitu <em>Quasi eksperiment</em>, Populasi yang ditetapkan yaitu semua siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarmasin. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik <em>simple random sampling</em>, sebagai akibatnya diperoleh kelas VIII E sesi 1 menjadi kelas kontrol dan VIII E sesi dua menjadi kelas eksperimen. Teknik yang dipakai untuk mengumpulkan data yaitu dokumentasi dan tes KPM matematika dengan data yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dengan konteks lingkungan lahan basah berpengaruh positif terhadap KPM matematika siswa.</p> Puput Indra Wati, Karim Karim, Rahmita Noorbaiti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/1766 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI POLA BILANGAN BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL BUDAYA BANJAR KELAS VIII SMP/MTS http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/1822 <p style="text-align: justify;">Kurangnya ketersediaan bahan ajar matematika di sekolah yang mengaitkan dengan masalah kontekstual membuat para peserta didik kesulitan dalam memahami konsep suatu materi. Bahan ajar berupa LKPD yang digunakan juga tidak terdapat satupun yang mengaitkan materi dengan kebudayaan Banjar. Salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika adalah dengan menyediakan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah kontekstual budaya Banjar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pada materi pola bilangan berbasis masalah kontekstual budaya Banjar kelas VIII SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model Plomp yang terdiri dari empat tahap, yaitu investigasi awal, desain, realisasi/konstruksi, serta&nbsp; tes, evaluasi, dan revisi. Uji coba dilakukan kepada 31 peserta didik kelas VIII E SMPN 24 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi ahli, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Berdasarkan uji validitas oleh dua validator diperoleh rerata sebesar 3,22 dengan kriteria valid. Berdasarkan angket respon peserta didik diperoleh 3,32 dengan kriteria praktis. Berdasarkan tes hasil belajar diperoleh lebih dari 80% peserta didik mencapai nilai lebih dari sama dengan 75 sehingga dinyatakan efektif. Dengan demikian, dihasilkan LKPD pada materi pola bilangan berbasis masalah kontekstual budaya Banjar kelas VIII SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif.</p> Novia Salsabila Hariyadi, Iskandar Zulkarnain, Rizki Amalia ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/1822 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN SOAL KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA/MA http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/1886 <p style="text-align: justify;">Matematika merupakan salah satu ilmu yang penting dalam kehidupan bahkan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami soal matematika. Hal tersebut karena soal yang diajukan terkesan membosankan dan terfokus pada masalah yang sulit dibayangkan oleh siswa. Oleh sebab itu, hendaknya siswa diberikan soal yang berhubungan dengan kehidupan&nbsp; secara nyata atau kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan soal kontekstual berbasis kearifan lokal pada pembelajaran matematika SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (<em>Research and Development</em>) dengan model pengembangan Tessmer tipe <em>formative research</em> mencakup tahap <em>preliminary</em> dan tahap <em>formative evaluation</em> yang terdiri dari <em>self evaluation</em>, <em>expert reviews</em>, <em>one-to-one</em>, <em>small group</em>, dan <em>field test</em>. Namun, pada penelitian ini hanya sampai pada <em>small group</em>. Pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan istrumen validasi ahli dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis uji validitas yang diisi oleh tiga orang validator menghasilkan rata-rata skor 3,62 yang berada pada kategori valid. Kemudian, berdasarkan hasil analisis uji angket respon siswa menghasilkan rata-rata skor 3,32 yang menunjukkan bahwa soal berada pada kategori praktis. Dengan demikian, soal kontekstual berbasis kearifan lokal pada pembelajaran matematika SMA/MA memenuhi kriteria valid dan praktis.</p> Agus Basriannor, Iskandar Zulkarnain, Taufiq Hidayanto ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/1886 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PASAR AHAD KERTAK HANYAR PADA MATERI STATISTIKA KELAS X http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/1952 <p style="text-align: justify;">Saat ini pelaksanaan pendidikan di Indonesia menerapkan Kurikulum Merdeka. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam kurikulum ini disebut modul ajar. Modul ajar berbasis kearifan lokal diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah menghasilkan modul ajar kurikulum merdeka berbasis kearifan lokal Pasar Ahad Kertak Hanyar pada materi statistika kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>Research and Development </em>(R&amp;D) dengan model Thigarajan (4-D). Langkah-langkah dalam model 4-D terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan, validasi dan uji coba produk. Pada tahap uji coba dilakukan uji keterbacaan, kepraktisan, dan keefektifan. Untuk validasi, uji keterbacaan dan kepraktisan diukur menggunakan angket. Sedangkan, uji keefektifan diukur berdasarkan hasil evaluasi belajar siswa. Berdasarkan validasi dari tiga validator, diperoleh hasil validasi dari keseluruhan validator adalah 87,30% dengan kategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan yang diperoleh dari tiga responden yaitu 98,33% dengan kriteria sangat baik. Selanjutnya pada uji kepraktisan diperoleh nilai keseluruhan yaitu 79,17% dengan kriteria praktis. Sedangkan, uji keefektifan dari hasil evaluasi siswa mendapatkan persentase 74,07% dengan kategori efektif. Dari hasil yang diperoleh, modul ajar dinyatakan valid, efektif, dan praktis.</p> Lailatul Badriyah, Iskandar Zulkarnain, Rahmita Noorbaiti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/1952 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA KARMARU (KARTU MATEMATIKA SERU) BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI LINGKARAN http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2017 <p style="text-align: justify;">Pada proses pembelajaran matematika, terkadang peserta didik yang biasanya bersemangat saat mengikuti pembelajaran matematika bisa merasakan bosan dalam mengerjakan soal-soal latihan matematika, yang menyebabkan hasil belajar peserta didik belum sesuai harapan. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan agar suasana belajar peserta didik jadi lebih menyenangkan adalah <em>game</em> kartu berupa media KARMARU (Kartu Matematika Seru). Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media KARMARU berbasis etnomatematika materi lingkaran yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan <em>(Research and Development).</em> Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE <em>(Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).</em> Hasil penelitian yang diperoleh yaitu berdasarkan uji validitas, media KARMARU telah dinyatakan valid. Nilai rata-rata skor validitas 3,39 dan berada pada kriteria valid. Berdasarkan hasil dari angket respon peserta didik dan guru, media KARMARU telah dinyatakan praktis. Nilai rata-rata skor respon peserta didik dan respon guru 3,38 dan dengan kriteria praktis, sedangkan berdasarkan nilai tes hasil belajar peserta didik, media KARMARU telah dinyatakan sangat efektif. Persentase nilai rata-rata skor tes hasil belajar peserta didik yaitu 90% dengan kriteria sangat efektif.</p> Antung Saudah, Karim Karim, Indah Budiarti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2017 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0000 KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 14 BANJARMASIN http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2130 <p style="text-align: justify;">Hasil belajar matematika siswa di lapangan 50% masih dibawah KKM dikarenakan kurangnya penggunakan model yang inovatif. Hal tesebut dapat dilihat dari perilaku siswa yang cenderung sibuk dengan kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan proses pembelajaran. faktor yang memiliki peran untuk menentukan keberhasilan belajar matematika adalah penentuan model pembelajaran yang tepat. Untuk mendapatkan gambaran mengenai keefektifan model pembelajaran terhadap hasil belajar, maka perlu dilakukan penelitian yang berkaitan dengan topik tersebut. Tujuan penelitian ini untuk &nbsp;mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang belajar melalui model <em>make a match</em>&nbsp;dan model pembelajaran langsung kelas VIII SMPN 14 Banjarmasin&nbsp;&amp; mengetahui keefektifan model pembelajaran <em>make a match</em>&nbsp;terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 14 Banjarmasin. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu <em>quasi experimental design</em>&nbsp;dengan desain <em>nonequivalent pretest-posttest control group design</em>. Siswa kelas VIII SMPN 14 Banjarmasin sebagai populasi penelitian dan sampel diambil menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS). Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji&nbsp;beda, serta gain ternormalisasi (NGain). Hasil yang diperoleh: (1) terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil belajar siswa pada kelas menggunakan model pembelajaran <em>make a match</em>&nbsp;dan kelas&nbsp;menggunakan model pembelajaran&nbsp;langsung, (2) model pembelajaran <em>make a match</em>&nbsp;yang diterapkan&nbsp;kepada siswa kelas VIII di SMPN 14 Banjarmasin dinyatakan efektif.</p> Nursyifa Nursyifa, Iskandar Zulkarnain, Rizki Amalia ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2130 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS HOTS MATERI PERSAMAAN LINEAR UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2172 <p style="text-align: justify;">Pendidikan di Indonesia sejak lama telah mengutamakan adanya pembelajaran yang mengedepankan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau yang dikenal sebagai HOTS (<em>Higher Order Thinking Skills</em>). Namun nyatanya, masih terdapat beberapa peserta didik yang kesulitan dalam hal menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta apabila diberikan masalah kontekstual atas berbasis HOTS khususnya pada pembelajaran matematika. Dengan demikian, menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid sehingga layak digunakan untuk melatih kemampuan peserta didik dalam mengatasi masalah berbasis HOTS adalah tujuan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang mencakup empat tahapan yakni pendefinisian (<em>define</em>), perancangan (<em>design</em>), pengembangan (<em>development</em>), dan penyebaran (<em>dissemination</em>). Namun, penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahapan pengembangan yakni mengembangkan LKPD berbasis HOTS dan menguji kevalidannya. Penelitian ini menggunakan lembar instrumen kevalidan sebagai teknik pengumpulan data. Produk dikatakan valid jika berada pada tingkat kevalidan cukup valid atau sangat valid yang mana validasi dilakukan oleh dua orang validator ahli. Berdasarkan lembar validasi yang diisi oleh validator ahli diperoleh hasil uji kevalidan dengan rata-rata sebesar 80,36% dengan tingkat kevalidan LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria cukup valid.</p> Siti Maisarah, Hidayah Ansori, Indah Budiarti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2172 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR BERKONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2258 <p style="text-align: justify;">Menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar merupakan salah satu aspek yang tidah mudah untuk dilakukan oleh peserta didik karena harus dapat memahami konsep dasar dan mengetahui terlebih dahulu mengenai rumus bangun ruang sisi datar. Selain itu, karena soal yang diberikan juga berkonteks lingkungan lahan basah maka peserta didik juga harus memiliki kemampuan lain seperti memahami soal bahkan sampai menentukan langkah/proses pengerjaan untuk dapat mengerjakan soal yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dapat dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal berkonteks lingkungan lahan basah materi bangun ruang sisi datar berdasarkan tahapan Newman. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif eksploratif. Responden dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 3 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dianalisis menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukan jenis kesalahan yang termasuk kategori sangat tinggi terjadi pada kesalahan transformasi (<em>transformation errors</em>), kesalahan memahami (<em>comprehension errors</em>), kesalahan keterampilan proses (<em>process skills errors</em>), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (<em>ecoding errors</em>). Selanjutnya siswa tidak mengalami kesalahan pada kesalahan membaca (<em>reading erros</em>)</p> Nyoman Yohane Santi, Noor Fajriah, Taufiq Hidayanto ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2258 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN TES FORMATIF MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK SISWA SMP http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/1997 <p style="text-align: justify;">Salah satu kemampuan yang termuat pada Kurikulum 2013 adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi. Namun, pada kenyataannya pada buku mata pelajaran matematika terdapat soal-soal HOTS berlevel rendah. Kemampuan berpikir siswa Indonesia masih rendah dikarenakan kurang terlatih dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan survei TIMSS. Selain itu, guru belum mengembangkan soal HOTS dan tes formatif yang didesain untuk melatih kemampuan HOTS siswa belum tersedia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan tes formatif matematika materi bilangan bulat berbasis HOTS untuk siswa SMP kelas VII yang valid. Model pengembangan <em>formatif research</em> oleh Tessmer menjadi model pengembangan dalam penelitian. Tahapan yang dilakukan yaitu <em>preliminary</em>, <em>self evaluation</em>, dan <em>expert reviews. </em>Validasi dilakukan oleh empat orang ahli. Sebelas butir soal tes formatif berbasis HOTS berbentuk pilihan ganda adalah hasil penelitian ini. Berdasarkan kevalidan tes formatif diperoleh skor rata-rata sebesar 2,83 dari segi materi, kontstruksi, dan bahasa. Dengan demikian, kriteria kevalidan tes formatif matematika materi bilangan bulat berbasis HOTS untuk siswa SMP kelas VII dikatakan valid.</p> Cinta Bella Yuwin Utami, Chairil Faif Pasani, Yuni Suryaningsih ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/1997 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN LKPD BANGUN RUANG BERBASIS ETNOMATEMATIKA MASJID SULTAN SURIANSYAH DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2141 <p style="text-align: justify;">Ada sebagian peserta didik yang tidak begitu tertarik dengan matematika karena menganggapnya sulit dan membosankan. Salah satu alasan utamanya adalah karena kurangnya keterkaitan antara matematika yang peserta didik pelajari di sekolah dengan kehidupan peserta didik. Karena itulah, mengadopsi pendekatan etnomatematika yang menghubungkan matematika dengan budaya lokal menjadi relevan sebagai sarana meningkatkan minat peserta didik terhadap matematika. Penelitian bertujuan mengembangkan LKPD bangun ruang berbasis etnomatematika Masjid Sultan Suriansyah di kelas VIII sekolah menengah pertama yang valid. Metode pengembangan LKPD yang dipakai yaitu <em>Research and Development</em> serta model pengembangan 4D. Pengembangan dilakukan hingga tahap <em>develop</em> dan divalidasi oleh para validator melalui lembar validasi dengan lima aspek, yaitu format, kelayakan isi, kelayakan bahasa menurut BSNP, kontekstual, serta kebudayaan. LKPD memenuhi kriteria validitas dengan persentase validitas semua aspek sebesar 85,22%. Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan telah valid. Namun, penelitian lanjutan perlu dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifannya.</p> Muhammad Maliki, Noor Fajriah, Taufiq Hidayanto ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2141 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0000