http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/issue/feed JURMADIKTA 2024-07-27T05:02:08+08:00 Hj. Indah Budiarti jurmadikta@ulm.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: center;"><strong>JURMADIKTA: JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA</strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong>JURMADIKTA</strong> is the Mathematics Education Students Journal of the Teaching training and Education Faculty of Lambung Mangkurat University. <strong>JURMADIKTA</strong> was founded in 2018 in the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teaching training and Education, Lambung Mangkurat University. <strong>JURMADIKTA</strong> is a collection of articles/journals resulting from student’s thesis research in the field of mathematics education that have never been published/published in other media. <strong>JURMADIKTA</strong> is published by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University which is published 3 times a year (March, July and November).</p> <p><strong>Informasi Jurnal<br> &nbsp;1. Journal Title :</strong>&nbsp;JURMADIKTA<br> <strong>&nbsp;2. Initial :</strong>&nbsp;jurmadikta<br> <strong>&nbsp;3. Publication Frequency : </strong>3 Issues per year<br><strong>&nbsp;4.</strong> <strong>Print ISSN :</strong> 2797-829X<br><strong>&nbsp;5. Online ISSN :</strong> 2797-8435<br><strong>&nbsp;6. DOI:</strong>&nbsp;<a title="DOI" href="https://dx.doi.org/10.20527" target="_blank" rel="noopener">http://dx.doi.org/10.20527</a><br><strong>&nbsp;7.</strong> <strong>OAI Adress : </strong><a title="OAI" href="http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/oai" target="_blank" rel="noopener">http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/oai</a><br><strong>&nbsp;8.</strong> <strong><em>Editor in Chief</em></strong> : Dr. Hj. Noor Fajriah, M.Si.<br><strong>&nbsp;9. Publisher:</strong> Mathematics Education Study Program, Teaching and Education Faculty, Lambung Mangkurat University, Banjarmasin.</p> <p><strong>Secretariat: Mathematics Education Study Program FKIP ULM Banjarmasin</strong><br><strong>Brigadier General H. Hasan Basri street, Kayu Tangi, Banjarmasin, South Kalimantan</strong><br><strong>Postal Code: 70123 Tel/Fax. (0511) 330 4914</strong></p> <p><strong>Email: <a href="https://mail.google.com/mail/u/0/?view=cm&amp;fs=1&amp;tf=1&amp;source=mailto&amp;to=jurmadikta@ulm.ac.id">jurmadikta@ulm.ac.id</a></strong></p> http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2476 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA E-KOMIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI RASIO 2024-07-27T04:50:46+08:00 Lailatul Adawiyah lelaadwyh@gmail.com Chairil Faif Pasani chfaifp@ulm.ac.id Kamaliyah Kamaliyah kamaliy4h@ulm.ac.id <p>Hasil wawancara dengan guru matematika di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Banjarmasin menunjukkan masih banyak peserta didik yang menganggap matematika sulit untuk dipelajari, hal ini mengakibatkan motivasi belajar peserta didik menjadi kurang. Salah satu penyebabnya diantaranya ialah perangkat pembelajaran yang kurang mendukung. Oleh karena itu diperlukan perangkat pembelajaran kreatif yang dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar matematika E-Komik berbasis pendidikan karakter pada materi rasio yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan adalah pengembangan <em>Research and Development </em>(R&amp;D) dengan model pengembangan 4D yaitu, <em>define, design, development dan disseminate</em>. Dalam penelitian ini hanya sampai tahapan <em>development</em>. Tahap <em>disseminate </em>ditiadakan karena keterbatasan waktu penelitian. Subjek uji coba penelitian ini adalah 35 peserta didik kelas VII SMP Negeri 24 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar validasi, angket respons guru dan peserta didik serta tes hasil belajar. Teknik analisis data bertujuan untuk mengetahui uji kevalidan, kepraktisan dan efektivitas modul ajar yang dikembangkan. Berdasarkan lembar validasi yang diisi oleh validator, dapat disimpulkan modul ajar sangat valid karena diperoleh persentase skor rata-rata 89,13%. Berdasarkan hasil angket respons guru dan peserta didik persentase skor rata-rata berturut-turut 95% dan 90%, dapat disimpulkan modul ajar sangat praktis. Berdasarkan uji coba, modul ajar dikatakan sangat efektif karena peserta didik sudah mencapai KKTP, persentase hasil belajar peserta didik adalah 91,43%. Berdasarkan hal yang telah diuraikan, maka dengan kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul ajar matematika E-Komik berbasis pendidikan karakter pada materi rasio kelas VII SMP dapat dikatakan tercapai.</p> 2024-07-27T03:03:49+08:00 ##submission.copyrightStatement## http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2427 META ANALISIS: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA 2024-07-27T04:50:46+08:00 Riqa Anisa 2010118120002@mhs.ulm.ac.id Iskandar Zulkarnain hiskzulk@ulm.ac.id Rahmita Noorbaiti rahmita.noorbaiti@ulm.ac.id <p style="text-align: justify;">Banyak penelitian telah dilaksanakan mengenai pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pemahaman konsep matematika siswa, namun temuan-temuannya beragam. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis yang bertujuan untuk mendeskripsikan effect size dari model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap pemahaman konsep matematis siswa dengan karakteristik studi berupa jenjang pendidikan dan ukuran sampel. Data diperoleh dari penelusuran melalui Google Cendikia dengan kata kunci tertentu dan diperoleh 55 studi primer yang diterbitkan antara tahun 2017-2023. Selanjutnya diperiksa sesuai kriteria inklusi dan didapat 20 studi primer yang memenuhi kelayakan. Dengan menggunakan perangkat lunak Comprehensive Meta-Analysis (CMA) V3.0, effect size dari 20 studi primer dianalisis. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa dengan effect size 0,835 tergolong pada kategori besar; (2) berdasarkan jenjang pendidikan lebih berpengaruh pada jenjang SMP dengan effect size 0,869 tergolong pada kategori besar; dan (3) berdasarkan ukuran sampel lebih berpengaruh pada sampel besar (&gt;30) dengan effect size 0,878 tergolong pada kategori besar.</p> 2024-07-27T03:10:21+08:00 ##submission.copyrightStatement## http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2206 PENGEMBANGAN SOAL MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERKONTEKS LAHAN BASAH UNTUK MELATIH BERPIKIR KRITIS SISWA 2024-07-27T04:50:47+08:00 Ratna Anisa ratna.anisa55@gmail.com Noor Fajriah n.fajriah@ulm.ac.id Juhairiah Juhairiah juhairiah@ulm.ac.id <p style="text-align: justify;">Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang sangat penting. Pada pembelajaran matematika dibutuhkan kemampuan berpikir kritis agar siswa dapat memecahkan permasalahan matematika yang materinya bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan soal materi sistem persamaan linear dua variabel berkonteks lahan basah untuk melatih berpikir kritis siswa yang valid, reliabel, memiliki daya beda yang tinggi, tingkat kesukaran soal yang baik dan mendapat respons positif dari siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau <em>Research and Development</em> (R&amp;D) dengan model pengembangan <em>development research</em> tipe <em>formative evaluation</em>. Subjek penelitian ini adalah 33 orang siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Banjarmasin. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket respons siswa dan lembar tes soal. Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan berupa soal berpikir kritis dengan konteks lahan basah untuk siswa SMP/MTs yang sangat valid dengan skor rata-rata 3,585. Adapun validitas tiap butir soal yang diperoleh dari pengerjaan lembar tes siswa adalah soal 1,2,3 dan 4 dinyatakan valid. Reliabilitas soal diperoleh sebesar 0,718 dan termasuk dalam kategori reliabilitas tinggi. Berdasarkan analisis daya beda soal diperoleh rata-rata 0,452 dan dapat dikategorikan baik. Berdasarkan tingkat kesukaran soal diperoleh bahwa soal 1 dan 2 adalah soal mudah dan untuk soal 3 dan 4 adalah soal sedang. Berdasarkan angket, respons siswa terhadap soal terkategori positif.</p> 2024-07-27T03:16:26+08:00 ##submission.copyrightStatement## http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2290 PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKS LAHAN BASAH UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTS 2024-07-27T04:50:48+08:00 maria sianipar mariasianpr@gmail.com Karim Karim karim_fkip@ulm.ac.id Rahmita Noorbaiti Rahmita.noorbaiti@ulm.ac.id <p style="text-align: justify;">Matematika merupakan ilmu hitung yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitar kita. Meskipun begitu, banyak siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, sering kali dibenci, dan menimbulkan ketakutan. Oleh karena itu, penggunaan video pembelajaran dianggap sebagai solusi yang membantu siswa dalam memahami konsep matematika. Video pembelajaran memiliki keunggulan karena bisa diputar berulang sesuai dengan kebutuhan siswa, yang berpotensi untuk menarik minat dan membantu siswa dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan video pembelajaran matematika dengan konteks lahan basah yang sesuai untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang melibatkan tahapan <em>define </em>(mendefinisikan), <em>design </em>(merancang), <em>develop</em> (mengembangkan), dan <em>disseminate </em>(menyebarluaskan). Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian video pembelajaran oleh ahli untuk mengukur kevalidan video, angket respon siswa, dan angket respon guru untuk mengukur praktikalitas video pembelajaran, serta tes hasil belajar untuk mengukur efektivitas penggunaan video pembelajaran. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa video pembelajaran ini yaitu 3,54 dengan kategori valid. Uji praktikalitas menghasilkan nilai rata-rata angket respons sebesar 3,16 dengan kategori praktis. Persentase hasil belajar siswa sebesar 81,82% dengan kategori efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran matematika dengan konteks lahan basah untuk siswa kelas VII SMP/MTs termasuk dalam kategori yang valid, praktis, dan efektif.</p> 2024-07-27T03:21:27+08:00 ##submission.copyrightStatement## http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2449 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATERI BENTUK ALJABAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA 2024-07-27T04:50:48+08:00 Diah Nuryanti diahnuryanti1110@gmail.com Chairil Faif Pasani chfaifp@ulm.ac.id Asdini Sari asdini.sari@ulm.ac.id <p style="text-align: justify;">Matematika adalah mata pelajaran yang harus diajarkan untuk seluruh peserta didik agar mereka dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya yaitu bentuk aljabar. Akan tetapi, masih banyak peserta didik kesulitan mempelajari bentuk aljabar. Oleh karena itu diperlukan modul untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar berbasis etnomatematika ciri khas Kalimantan Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu <em>Research and Development (R&amp;D) </em>dengan model pengembangan 4D dengan empat tahapan yaitu <em>Define, Design, Development </em>dan <em>Disseminate</em>. Subjek uji coba penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi ahli, angket respon guru dan peserta didik, meliputi uji coba. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis data kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Validasi dilakukan oleh 3 validator. Uji coba dilakukan kepada 30 peserta didik. Berdasarkan lembar validasi yang diisi oleh 3 validator diperoleh nilai 83,97% yang berarti modul dinyatakan valid. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik diperoleh skor sebesar 3,5 dapat dinyatakan kriteria sangat praktis. Pada hasil angket respon guru diperoleh skor sebesar 3,26 berdasarkan kriteria tingkat kepraktisan kriteria sangat praktis. Berdasarkan uji coba, modul dikatakan efektif, karena berdasarkan 3 kali uji coba peserta didik sudah mencapai KKTP yang diterapkan di SMP Negeri 1 Banjarmasin, persentase hasil belajar peserta didik dengan minimal nilai 75 selalu lebih dari sama dengan 80%, yaitu 85,56%. Dengan demikian kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul ajar materi bentuk aljabar berbasis etnomatematika dapat dikatakan telah terpenuhi.&nbsp;&nbsp;</p> 2024-07-27T03:30:25+08:00 ##submission.copyrightStatement## http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2770 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN 2024-07-27T04:50:49+08:00 Norlaila Norlaila norlaila1130@gmail.com Hidayah Ansori ansori@ulm.ac.id Juhairiah Juhairiah juhairiah@ulm.ac.id <p style="text-align: justify;">Salah satu permasalahan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar pada materi pecahan adalah kesulitan siswa memahami konsep yang abstrak. Siswa memerlukan bantuan media konkret sebagai perantara atau visualisasinya. Media <em>PhET Simulations</em> dapat membantu siswa dalam memvisualisasikan materi pecahan yang bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi, respon siswa, dan pengaruh penggunaan media <em>PhET</em> pada materi pecahan di kelas IV SD/MI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen dengan desain <em>Nonequivalent Control Group</em>. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN Belitung Selatan 7, pengambilan sampel menggunakan teknik <em>oversampling</em>, dengan masing-masing 20 sampel dari kelas IV A (kontrol) dan IV B (eksperimen). Teknik pengumpulan data berupa tes (<em>pre-test</em> dan <em>post-test</em>) serta non-tes (angket). Analisis data menggunakan uji t dan uji <em>N-Gain</em> untuk data tes, dan deskriptif kuantitatif untuk data non-tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi penggunaan media <em>PhET</em> melibatkan persiapan media dan tujuan pembelajaran, pengenalan media, orientasi masalah, organisasi belajar, pengerjaan LKPD secara berkelompok berpanduan simulasi <em>PhET</em>, diskusi dan presentasi, serta refleksi dan evaluasi. (2) respon siswa terhadap penggunaan media <em>PhET</em> termasuk dalam kategori “Baik”, (3) penggunaan media <em>PhET Simulations</em> memiliki pengaruh, yakni dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi pecahan di kelas IV SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin.</p> 2024-07-27T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2155 PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL MATERI PERSAMAAN KUADRAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH 2024-07-27T04:50:50+08:00 Sindy Emmalia Putri sindyemmalia@gmail.com Iskandar Zulkarnain hiskzulk@ulm.ac.id Indah Budiarti indah.budiarti@ulm.ac.id <p>Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah, terutama materi persamaan kuadrat. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis <em>Problem Based Learning</em> pada materi persamaan kuadrat untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas IX SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menerapkan model penelitian ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini dilakukan pada kelompok kecil pada enam peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan rendah, sedang dan tinggi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi LKPD, lembar angket respon peserta didik, dan Tes Hasil Belajar (THB). Hasil penelitian menunjukkan: (1) LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid, dengan nilai validitas sebesar 87,96% (2) uji keefektifan LKPD memenuhi kriteria sangat efektif, dengan persentase ketuntasan peserta didik adalah sebesar 100%, (3) LKPD &nbsp;juga memenuhi kriteria sangat praktis, dengan rata-rata respon peserta didik adalah 86%. Dengan demikian, LKPD berbasis <em>Problem Based Learning</em> pada materi persamaan kuadrat layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.</p> 2024-07-27T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2021 PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA MASJID SULTAN SURIANSYAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MEMUNCULKAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK 2024-07-27T04:50:50+08:00 Korianto Korianto korianto17@gmail.com Noor Fajriah n.fajriah@ulm.ac.id Rizki Amalia amaliarizki@ulm.ac.id <p style="text-align: justify;">Minimnya ketersediaan modul yang ada untuk menunjang proses pembelajaran dan memunculkan atau meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan juga minimnya soal-soal latihan yang bersifat open ended. Oleh sebab itu, diperlukan modul yang dapat melatih dan memunculkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang valid dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis etnomatematika masjid Sultan Suriansyah materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan yaitu Research and Development (R&amp;D) dengan model pengembangan 4D dengan empat tahapan yaitu Define, Design, Development dan Disseminate. Subjek uji coba penelitian adalah peserta didik kelas IX C SMPN 31 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi ahli dan angket respon. Validasi dilakukan oleh 3 validator. Uji coba dilakukan kepada 28 peserta didik. Berdasarkan lembar validasi yang diisi validator, dapat disimpulkan modul valid karena diperoleh skor rata-rata yaitu 3,52. Berdasarkan angket yang diisi guru dan peserta didik, dapat disimpulkan modul praktis karena diperoleh skor dari angket guru yaitu 89,15% dan skor dari angket peserta didik yaitu 80,15%. Berdasarkan hal yang telah diuraikan, maka dengan demikian kriteria kevalidan dan kepraktisan modul pembelajaran berbasis etnomatematika masjid Sultan Suriansyah materi bangun ruang sisi datar dapat dikatakan tercapai.</p> 2024-07-27T03:58:44+08:00 ##submission.copyrightStatement## http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2145 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH HOTS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS 2024-07-27T04:50:51+08:00 Vivi Afrianti Viviafrianti10@gmail.com Hidayah Ansori ansori@ulm.ac.id Yuni Suryaningsih yuni_mtk@ulm.ac.id <p style="text-align: justify;">Pembelajaran di Era abad 21 menuntut peserta didik Indonesia untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi. Peserta didik diharapkan ikut serta dengan aktif dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, berdasarkan hasil observasi masih didapati adanya peserta didik yang kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung disebabkan karena peserta didik masih terkendala dalam memahami konsep materi matematika. LKPD berbasis masalah HOTS merupakan salah satu media yang dapat membantu peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan melatih berpikir tingkat tinggi mereka. Penelitian pengembangan ini memiliki dua tujuan yang meliputi: (i) mendeskripsikan proses pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis masalah HOTS pada materi teorema pythagoras yang valid dan praktis; dan (ii) menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis masalah HOTS pada materi teorema pythagoras yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahapan yang mencakup tahap <em>define</em> (pendefinisian), <em>design</em> (perancangan), <em>develop</em> (pengembangan), dan <em>disseminate</em> (penyebaran). Namun, pada tahap <em>develop </em>dilakukan uji validitas dan uji coba produk terbatas untuk menguji produk yang dikembangkan dengan uji kepraktisan. Melalui uji validitas diperoleh rata-rata penilaian dari dua validator adalah sebesar 3,44 dengan kriteria sangat valid, sedangkan pada uji kepraktisan diperoleh rata-rata total kepraktisan dari peserta didik adalah sebesar 3,34 dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian, LKPD berbasis masalah HOTS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.</p> 2024-07-27T04:06:23+08:00 ##submission.copyrightStatement## http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/2198 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERBASIS KONTEKS LINGKUNGAN LAHA BASAH UNTUK SISWA KELAS X 2024-07-27T04:50:51+08:00 Siti Nur Azizah azizahazizah5852@gmail.com Iskandar Zulkarnain hiskzulk@ulm.ac.id Taufiq Hidayanto taufiq.hidayanto@ulm.ac.id <p style="text-align: justify;"><sub>Pada materi sistem persamaan linear tiga variabel sering kita temukan soal pemecahan masalah berkaitan dalam kehidupan nyata. Namun sistem persamaan linear tiga variabel masih saja membuat siswa kesulitan dalam menyelesaikanpermasalahan-permasalahan yang diberikan oleh guru. Untuk meningkatkan kualitas dalam proses belajar maka perlu adanya soal dengan konteks lingkungan siswa. Tujuannya ialah agar siswa dapat lebih terbuka terhadap lingkungan sekitarnya, melatih mereka untuk menganalisis permasalahan terlebih dahulu serta mempermudah pemahaman mereka terkait masalah matematika menggunakan konteks yang berada disekitar mereka. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan dalam rangka menghasilkan LKPD materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel berbasis konteks lingkungan lahan basah untuk siswa kelas X yang valid. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D) dari Thiagarajan et al.(1974) yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun, pada penelitian ini dibatasi pada tahap pengembangan (develop) sampai uji validasi. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi yang dilakukan oleh 3 orang validator melalui lembar validasi. Kemudian, dilakukan analisis kuantitatif terhadap skor yang diperoleh dari lembar validasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki skor 3,26 yang mana skor tersebut memenuhi kriteria valid namun masih memerlukan perbaikan.</sub></p> 2024-07-27T04:50:11+08:00 ##submission.copyrightStatement##