PRARANCANGAN PABRIK HEXAMETHYLENEDIAMINE DARI ADIPONITRIL DENGAN PROSES HIDROGENASI KAPASITAS PRODUKSI 85.000 TON/TAHUN

  • Eris Munandar
  • Syarifah Nur Aisyah

Abstract

Hexamethylenediamine (C6H16N2) merupakan padatan tidak berwarna yang merupakan bagian penting dalam industri. Produk ini adalah bahan baku utama pada pabrik pembuatan nylon-66 yang digunakan secara luas untuk pembuatan nylon tire cord (kain ban), tekstil dan plastik. Perancangan pabrik Hexamethylenediamine ini direncanakan akan didirikan pada tahun 2025 dengan kapasitas 85.000 ton/tahun.

Hexamethylenediamine dibuat dari bahan baku adiponitril dengan proses hidrogenasi, menggunakan katalis cobalt. Reaksi berlangsung dalam fixed bed reactor multytube pada temperature 150 oC dan tekanan 340 atm. Pemurnian produk dilakukan dalam 2 buah menara distilasi, menara distilasi pertama akan memisahkan amonia dan menara distilasi kedua akan memisahkan hexamethylenediamine dengan adiponitril yang tidak terkonversi. Setelah itu produk hexamethylenediamine dengan bantuan pompa dialirkan melewati cooler untuk diturunkan temperaturnya sampai 35 oC. Produk akhir berupa hexamethylenediamine yang selanjutnya disimpan pada tangki penyimpanan produk. Yield dari proses ini diperkirakan mencapai 99%. Pemenuhan air diperoleh dari Sungai Nerakat sebanyak 693.693.897,761 kg/jam. Sedangkan kebutuhan listrik untuk operasional pabrik sebesar 9,892,0427 kWatt. Bahan bakar untuk generator tersebut terpakai diesel oil sebanyak 7759,5012 liter/jam.

Nilai Return on Investment (ROI) sesudah pajak untuk pabrik ini adalah sebesar 23,89 % dan waktu pengembalian modal (POT) sesudah pajak adalah 2,8 tahun. Sedangkan kapasitas Break Even Point (BEP) adalah sebesar 50 %, dan kapasitas Shut Down Point (SDP) adalah 26,2%. Berdasarkan ilai-nilai tersebut, pabrik ini layak untuk didirikan dan dapat diteruskan ke tahap perencanaan pabrik

Kata kunci: adiponitril, cobalt, hexamethylenediamine, hidrogenasi.

Published
2021-09-21