PRARANCANGAN PABRIK MAGNESIUM SULFAT HEPTAHIDRAT DARI MAGNESIUM OKSIDA DAN ASAM SULFAT DENGAN PROSES NETRALISASI KAPASITAS 50.000 TON/TAHUN

  • Asshifa Asshifa
  • Dwi Fortuna

Abstract

Magnesium Sulfat Heptahidrat (MgSO4.7H2O) atau yang kita kenal dengan garam Epsom ini adalah jenis garam yang didalamnya terdapat didalamnya mineral-mineral yaitu magnesium dan juga dikenal dengan garam yang sangat penting yang mana dapat dimanfaatkan pada kegiatan industri seperti industri tekstil, pertanian dan lain sebagainya Direncanakan pembangunan Prarancangan pabrik magnesium sulfat heptahidrat dari magnesium oksida dan asam sulfat dengan proses netralisasi kapasitas 50.000 ton/tahun Pendirian pabrik nantinya berlokasi di wilayah Gresik Jawa Timur dengan luas tanah pabrik yaitu sebesar 44.000 m2. Pabrik ini memperkerjakan karyawan sebanyak 150 orang dan beroperasi selama kurang lebih 330 hari/tahun.

Reaksi yang berlangsung pada pabrik ini yaitu pada reaktor Continous Stirrer Tank (CSTR) dengan kondisi temperaturnya 1 atm selama 1 jam dengan konversi 90%. Alat lainnya yaitu Cristallizer, Rotary Dryer, Evaporator, Rotary Drum Vacuum Filter sebagai unit pemurnian. Kemudian untuk unit utilitas yaitu terdiri dari kebutuhan steam, kebutuhan air, bahan bakar, listrik dan juga pengolahan limbah. Kebutuhan air didapatkan dari Sungai Bengawan Solo yang berdekatan sekali dengan wilayah pabrik, sedangkn untuk kebutuhan listrik diperoleh dari PLN daerah setempat dengan menggunakan dua buah cadangan generator sebagai energy yang berkapasitas sebesar 61,3933 kW dan untuk kebutuhan bahan bakarnya yaitu sebanyak 6,78112975 liter/jam.

Hasil daei analisa ekonomi menunjukkan Percent On Investment (ROI) untuk sebelum pajak dan ROI sesudah pajak berturut-turut sebesar 46,0648% dan 34,8421%, Pay out Time (POT) untuk sebelum pajak dan setelah pajak berturut-turut adalah sebesar 2,3773 tahun dan 3,2423 tahun. Pada Break Event Point (BEP) nilainya sebesar 41,74%. Untuk nilai Shut Down Point (SDPi nilainya yaitu sebesar 24,14%. Dapat disimpulkan dari analisa data diatas bahwa pembuatan pabrik magnesium sulfat heptahidrat dari magnesium oksida dan asam sulfat dengan proses netralisasi 50.000 ton/tahun adalah layak untuk didirikan di Indonesia.

 Kata kunci: Magnesium Oksida, Asam Sulfat, Magnesium Sulfat Heptahidrat dan CSTR

Published
2021-09-21