PRARANCANGAN PABRIK SODIUM TRIPOLYPHOSPHATE DARI ASAM FOSFAT DAN NATRIUM KARBONAT DENGAN PROSES POLIKONDENSASI KAPASITAS 50.000 TON/TAHUN

  • Anneza Yulianti
  • Suci Fajria Cahyani

Abstract

Sodium tripolyphosphate (Na5P3O10) merupakan senyawa organik padat yang termasuk kelompok senyawa condensed inorganic phosphate. Sodium tripolyphosphate digunakan dalam skala besar sebagai komponen produk rumah tangga dan industri. Kebutuhan STPP diperkirakan akan terus meningkat seiring tingginya pertumbuhan konsumsi perkapita maupun pertambahan penduduk Sehingga sangat tepat apabila di Indonesia didirikan pabrik STPP, dengan tujuan utama yaitu untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang cenderung meningkat setiap tahunnya,Pabrik ini direncanakan beroperasi selama 330 hari/tahun dengan kapasitas produk STPP sebesar 50.000 ton/tahun dan rencana didirikan pada tahun 2025.

Pembuatan sodium tripolyphosphate pada prarancangan pabrik ini adalah netralisasi asam fosfat dengan natrium karbonat pada tekanan 1 atm dan suhu 90 °C, dimana reaktor yang digunakan adalah reaktor tangki berpengaduk (RTB) dan reaksi bersifat eskotermis (menghasilkan panas). Keluaran reaktor yang sudah melalui proses penetralan berupa larutan ortofosfat dialirkan ke crystallizer sehingga terbentuk butiran kristal dan cairannya dipisahkan menggunakan centrifuge. Produk kemudian dikeringkan  ke dalam rotary dryer pada tahap pertama, kemudian dikeringkan lagi lebih lanjut pada rotary kiln. Reaksi antara mono dan disodium fosfat terjadi didalam rotary kiln sehingga menghasilkan produk STPP dengan kemurnian 91%.

                Perusahaan berbentuk PT dengan sistem kerja karyawan berdasarkan pembagian menurut jam kerja yang terdiri dari shift dan non-shift dengan tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak 126 orang. Didapatkan hasil (TCI) sebesar Rp 1.313.480.572.431 dan hasil penjualan sebesar Rp 1.374.782.767.928. Return of Investment (ROI) sebesar 14%. Pay Out Time (POT) sebesar 4,24 tahun. Sehingga diperoleh Break Event Point (BEP) sebesar 45% dan Shut Down Point (SDP) sebesar 22%.

 

Kata kunci: Asam fosfat, natrium karbonat, ortofosfat, STTP

Published
2021-09-21