PRARANCANGAN PABRIK ASAM NITRAT DARI NATRIUM NITRAT DAN ASAM SULFAT DENGAN PROSES RETORT KAPASITAS 20.000 TON/TAHUN

  • Eka Septiannisa Putri
  • Rayyan Midi Perdana

Abstract

Prarancangan pabrik asam nitrat dari natrium nitrat dan asam sulfat dengan proses retort kapasitas 20.000 ton/tahun dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan asam nitrat yang semakin meningkat. Asam nitrat digunakan sebagai salah satu bahan untuk memproduksi amonium nitrat sebagai bahan peledak, pembuatan bahan organik sintesis seperti zat warna, obat-obatan dan juga dapat digunakan dalam proses pemurnian logam. Pabrik asam nitrat direncanakan akan didirikan di daerah Purwakarta, Jawa Barat dengan mempertimbangkan dekat dengan lokasi bahan baku, pemasaran dan pelabuhan. 

Proses pembuatan asam nitrat dapat dilakukan dengan cara proses oksidasi dan retort. Pada iproses retort dalam pembuatan asam nitrat menggunakan bahan baku asam sullfat dan natrium nitrat. Seleksi operasi pada proses retort dengan suhu 150 °C dan tekanan 1 atm. Untuk menunjang proses produksi didirikan unit proses yang terdiri dari unit pengadaan air,  steam, tenaga listrik, bahan bakar serta unit pengolahan limbah. Direncanakan bentuk perusahaan yang dipilih adalah Perseroan Terbatas (PT) dengan struktur organisasiline and staff. Sistem kerja karyawan berdasarkan pembagian jam kerja yang terdiri dari karyawan shift dan non shift. Jumlah karyawan yang dibutuhkan sebanyak 121 orang.

Pabrik asam nitrat direncanakan beroperasi 330 hari selama 1 tahun. Hasil analisa ekonomi terhadap perancangan pabrik asam nitrat diperoleh besarnya Percent Return On Invesment (ROI) sebelum dan sesudah pajak 45,37% dan 29,55%. Pay Out Time (POT) sebelum dan sesudah pajak 1,81 tahun dan 2,53 tahun. Break Even Point (BEP) sebesar 42,76dan Shut Down Point. (SDP) sebesar 7,55%.  Berdasarkan perhitungan ekonomi, maka dapat disimpulkan pabrik asam nitrat layak untuk didirikan.

Kata kunci: Asam Nitrat, BEP, Retort, SDP

Published
2021-09-21