PRARANCANGAN PABRIK ASETON DARI ACETYLENE DENGAN PROSES HIDRASI KAPASITAS 16.500 TON/TAHUN

  • Hilda Nur Fadhillah
  • Hikmah Hikmah

Abstract

             Aseton (2-propanon, dimetil keton, CH3COCH3) adalah keton yang paling sederhana. Aseton digunakan dalam pembuatan berbagai pelapis dan plastik, dan sebagai bahan baku untuk sintesis kimia berbagai produk seperti keten, metil metakrilat, bisphenol a, alkohol diacetone, metil isobutyl  keton, heksilen glikol (2-metil-2,4-pentanadiol), dan isopropone. Prarancangan pabrik aseton dari acetylene direncanakan akan didirikan pada tahun 2024 kapasitas 16.500 ton/tahun

            Proses yang digunakan pabrik ini dengan cara hidrasi acetylene yang terbagi atas dua tahap proses  yaitu tahhap sintesa dan tahap pemurnian. Bahan utama untuk pembuatan aseton adalah acetylene dengan kemurnian 99,8%. Proses sintesa adalah tahap pembentukan aseton terjadi dengan mereaksikan acetylene dan oksigen pada reaktor fix bed multitube dengan temperatur 250oC dan tekanan 1,8 atm selama 14 detik dengan katalis zinc oxide (ZnO). Gas keluaran reaktor berupa campuran aseton, acetylene dan air dalam fase uap dengan gas hydrogen dan karbon dioksida dialirkan ke cooler sehingga suhunya didinginkan menjadi 93oC. Selanjutnya gas dialirkan ke separator, hasil atas dari separator  kemudian dialirkan menuju flare  pada suhu 93ºC untuk melepaskan  hidrogen, acetylene, karbon dioksida ke udara. Hasil bawah separator diteruskan menggunakan pompa  berupa aseton dan air  kemudian  masuk ke cooler 2 untuk menurunkan suhu uap sebelum masuk kedalam menara distilasi  suhunya menjadi 57,71 ºC dan dimurnikan dalam menara distilasi. Menara distilasi merupakan tempat pemurnian aseton dari acetylene dan air. Produk akhir berupa aseton dengan kemurnian 99,6% sebagai produk atas disimpan pada tangki penampung produk.

             Nilai Return on Investment (ROI) sesudah pajak untuk pabrik ini adalah sebesar 52,46% dan waktu pengembalian modal (POT) sesudah pajak adalah 0,87 tahun. Sedangkan kapasitas Break Even Point (BEP) adalah sebesar 42,40% dan kapasitas Shut Down Point (SDP) adalah 33,27%. Nilai-nilai tersebut menunjukkan bahwa pabrik ini layak untuk dipertimbangkan pendiriannya dan dapat diteruskan ke tahap perencanaan pabrik.

 

Kata kunci : Aseton, acetylene, katalis ZnO, Break even point.

Published
2021-09-21