PRARANCANGAN PABRIK ETIL ASETAT DARI ASAM ASETAT DAN ETANOL DENGAN PROSES ESTERIFIKASI MENGGUNAKAN KATALIS AMBERLYST-15 KAPASITAS 57.000 TON/TAHUN

  • Dhea Putri Mailani
  • Nadya Pratiwi

Abstract

Etil asetat  (CH3CH2OC(O)CH3) merupakan produk turunan dari asam asetat yang digunakan pada industri makanan sebagai perasa buah untuk es krim, kue, pada industri tinta, cat, polimer, dll. Berdasarkan data impor etil asetat yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Indonesia bahwa permintaan pasar Indonesia pada tahun 2015-2019 selalu mengalami peningkatan yaitu rata-rata 6% per tahunnya. Untuk mengurangi angka impor, maka dirancang pabrik Etil Asetat yang direncanakan akan didirikan pada tahun 2025 dengan kapasitas 57.000 ton/tahun. Pabrik akan didirikan di kecamatan Bungah, kabupaten Gresik, Jawa Timur. Direncanakan pabrik ini beroperasi selama 330 hari/tahun dengan umlah karyawan 170 orang.

Pembuatan etil asetat dilakukan melalui reaksi esterifikasi antara asam asetat dan etanol dengan bantuan Amberlyst-15 sebagai katalis. Reaktor yang digunakan merupakan Reaktor Batch Tangki Berpengaduk (RBTB) dengan kondisi operasi pada suhu 80°C dan tekanan 1 atm  selama 5,8 jam dengan reaksi yang bersifat eksotermis. Pemisahan katalis dari keluaran reaktor menggunakan Rotary Drum Vacum Filter. Sedangkan pemurnian menggunakan alat menara distilasi 1, tangki berpengaduk, dekanter dan menara distilasi 2. Produk akhir berupa etil asetat dengan kemurnian 99,98%.

Bentuk perusahaan yang direncanakan berupa Perseroan Terbatas (PT) dengan sistem organisasi line dan staff. Berdasarkan analisa ekonomi menunjukkan bahwa pabrik ini membutuhkan Total Capital Investment (TCI) sebesar Rp. 2.980.884.906.495,04. Pabrik ini dinyatakan layak dilihat dari nilai Return of Investment (ROI) sebesar 19,4 %, Pay Out Time (POT) sebesar 3,4 tahun,  Break Event Point (BEP) sebesar 46% dan Shut Down Point (SDP) sebesar 28%.

 

Kata kunci: Asam asetat, etanol, etil asetat,esterifikasi, katalis

Published
2021-09-21