PRARANCANGAN PABRIK SODIUM NITRAT DARI SODIUM KARBONAT DAN ASAM NITRAT DENGAN PROSES SINTESIS KAPASITAS 15.000 TON/TAHUN

  • Faridh Syuhada
  • Fakhrin Rizaldi

Abstract

Sodium nitrat dengan rumus NaNO3 merupakan tipe garam yang biasa digunakan sebagai bahan peledak , pembuatan pupuk, pembuatan kaca, pembuatan briket arang, obat-obatan serta sebagai bahan pengawet makanan. Saat ini Indonesia masih meimpor sodium nitrat, hal ini dikarenakan belum adanya pabrik sodium nitrat di Indonesia. Prarancangan pabrik sodium nitrat direncanakan akan didirikan dengan kapasitas sebesar 15.000 ton/tahun dan akan di dirikan pada tahun 2024 di lokasi Cikampek, provinsi Jawa Barat dengan luas tanah 19.995 m2. Direncanakan pabrik ini beroperasi selama 330 hari/tahun dengan jumlah karyawan 187 orang.

Proses yang digunakan dalam pembuatan sodium..nitrat adalah proses sintesis. Reaktor yang digunakan merupakan Reaktor Alir Tangki Berpengaduk (RATB) dengan kondisi operasi suhu 60 ℃ dan pada tekanan 1 atm yang bersifat eksotermis (menghasilkan panas). Produk bawah reaktor dialirkan ke evaporator untuk tahap kedua yaitu proses pemurnian untuk mendapatkan larutan NaNO3 dengan konsentrasi 98%, sedangkan produk atas reaktor berupa CO2 menuju udara bebas. Selanjutnya produk evaporator masuk ke proses kristalisasi untuk mengkristalkan larutan NaNO3 dan produknya dilakukan pemisahan antara kristal NaNO3 dengan larutan sisa. Kemudian proses drying untuk mengurangi kadar air pada kristal NaNO3. Produk yang dihasilkan adalah NaNO3 dengan kemurnian 99,8 % .

Pabrik ini  direncanakan sebagai perusahaan Perseroan Terbatas  (PT). Berdasarkan hasil analisis ekonomi,  pabrik ini membutuhkan modal  investasi  sebesar Rp 931.289.095.005,30-. Percent Return On Invesment (ROI) sebelum pajak sebesar 35% dan ROI sesudah pajak sebesar 22%. Pay Out Time  (POT) sebelum  pajak selama  2,3  tahun dan  sesudah  pajak  3,3 Tahun. Nilai  Break Even Point (BEP) sebesar 45% dan  Shut Down Point  (SDP) sebesar 21%.  Berdasarkan  hasil analisis ekonomi tersebut menunjukkan bahwa pabrik sodium nitrat layak untuk didirikan.

Kata kunci: Sodium nitrat, Sodium Karbonat, Asam Nitrat, Sintesis

 

Published
2021-02-28
Section
Articles