PRARANCANGAN PABRIK KALSIUM KLORIDA DARI BATU KAPUR DAN ASAM KLORIDA DENGAN METODE NETRALISASI KAPASITAS PRODUKSI 10.000 TON/TAHUN

  • Hari Saputra

Abstract

Kalsium klorida (CaCl2) merupakan salah satu jenis garam yang mudah larut dalam air dan bersifat higroskopis, sehingga kalsium klorida amat luas penggunaannya dalam industri. Kalsium klorida umumnya digunakan sebagai zat pengering (dessicant), zat pencair es (de-icing), zat aditif dalam industri makanan, zat aditif dalam pemrosesan plastik dan pipa, sebagai sumber ion kalsium dan dapat digunakan dalam bidang kedokteran. Kemampuan kalsium klorida untuk menyerap banyak cairan merupakan salah satu kualitas yang membuatnya begitu serbaguna.

Pabrik kalsium klorida yang akan dibangun diproduksi dari batu kapur dan asam klorida. Batu kapur yang telah dihancurkan kemudian dimasukkan ke dalam Reaktor Asam  dengan menambahkan larutan asam klorida (HCl) 30%. Hasil reaksi kemudian dipompakan ke dalam Reaktor Penetral dengan menambahkan larutan Ca(OH)2 20%. Larutan kalsium klorida yang telah dipekatkan dipompakan ke kristalisator untuk diperoleh kristal kalsium klorida. Produk CaCl2 yang dihasilkan diseragamkan ukurannya dengan menggunakan screening. Kapasitas produksi 10.000 ton/tahun dengan 330 hari kerja dalam 1 tahun dan dioperasikan mulai tahun 2022.

 

Kata Kunci: kalsium klorida, asam klorida, batu kapur

Published
2021-02-28
Section
Articles