PRARANCANGAN PABRIK AMONIUM NITRAT DARI AMONIA DAN ASAM NITRAT DENGAN PROSES PRILLING KAPASITAS 100.000 TON/TAHUN

  • Nadya Maharani

Abstract

Prarancangan pabrik amonium nitrat dari amonia dan asam nitrat dengan proses Prilling kapasitas 100.000 ton/tahun dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan amonium nitrat yang semakin meningkat pada tahun 2024 mendatang. Amonium nitrat merupakan penunjang utama blasting (peledakan) dalam industri pertambangan. Tingginya indeks import terhadap amonium nitrat sebab semakin berkembangnya industri pertambangan menjadi pertimbangan utama dalam perancangan pabrik ini agar dapat memenuhi kebutuhan nasional.

Amoniuma Nitrat terbentuk dari reaksi netralisasi amonia dan asam nitrat dengan proses prilling. Netralisasi terjadi dalam Reaktor bubble, kondisi operasi reaktor pada suhu 175°C dan tekanan 4,5 atm. Keluaran Amonium Nitrat dialirkan ke dalam evaporator untuk memekatkan produk hingga konsentrasinya 99%. Produk kemudian dialirkan ke dalam mixer sebelum dimasukkan kedalam prilling tower. Amonium Nitrat di dalam prilling tower membeku pada suhu 170oC dan keluar dengan suhu 55oC. Prill Amonium Nitrat di pindahkan dengan cooling conveyor menuju screener untuk di dapatkan produk Amonium Nitrat dengan ukuran 800 mesh. Produk yang telah sesuai ukuran kemudian dimasukkan ke dalam bin dan dikemas dalam packaging unit. Pabrik berlokasi di daerah Bontang, Kaltim Industrial Estate, Kalimantan Timur. Bentuk perusahaan yang dipilih adalah Perseroan Terbatas (PT) dengan struktur organisasi line and staff. Sistem kerja karyawan berdasarkan pembagian menurut jam kerja ayang terdiri dari karyawan shift dan non-shift dengan jumlah karyawan sebanyak 131 orang.

Pabrik Amonium Nitrat direncanakan beroperasi 330 hari selama 1 tahun. Hasil analisa ekonomi terhadap perancangan pabrik ammonium nitrat diperoleh besarnya Percent Returnn of Investmentl (ROI) sesudah pajak adalah 23,94%. Pay out Time (POT) sesudah pajak sebesar 2,95 tahun. Break Event Point (BEP) sebesar 54,12% dan Shut Down Point (SDP) sebesar 39,72%. Berdasarkan perhitungan ekonomi, maka dapat disimpulkan pabrik amonium nitrat dengan kapasitas 100.000 ton/tahun layak untuk didirikan.

Kata Kunci: Amonium Nitrat, Prilling, Reaktor Bubble, BEP, SDP

Published
2021-02-28
Section
Articles