PRARANCANGAN PABRIK ETILEN DARI DEHIDRASI ETANOL KAPASITAS PRODUKSI 300.000 TON/TAHUN

  • Dwiki Hermawan
  • Muhammad Sanusi

Abstract

Etilen merupakan senyawa yang tersusun dari unsur hidrogen dan karbon atau hidrokarbon olefin yang paling ringan dengan berat molekul 28,054. Pada suhu kamar etilen berupa gas tidak berwarna, mudah terbakar, sedikit berbau wangi. Etilen banyak digunakan di dalam industri, terutama industri polimer, karena selama ini Indonesia masih mengimport etilen dari negara lain dalam jumlah yang cukup banyak. Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, untuk itu diambil Kapasitas 300.000 Ton/Tahun. Sebagai bahan baku pembuatan etilen digunakan etanol dengan kemurnian ± 95%, yang sudah dapat diperoleh dari dalam negeri. Adapun dipilih lokasi di daerah Banten, karena dekat dengan sumber bahan baku dan juga konsumen.

Etilen terbentuk dari etanol yang mengalami dehidrasi pada suhu 4500C dan tekanan 1 atm. Reaksi dehidrasi etanol menjadi etilen merupakan reaksi endothermis dan untuk menjaga suhu reaksi digunakan steam sebagai sumber panas. Reaktor yang digunakan adalah fixed bed multitube reactor menghasilkan etilen dan air. Pemurnian Etilen hasil reaksi dilakukan di dalam Menara Distilasi. Etilen yang dihasilkan mempunyai kemurnian 99,95 %. Adapun kebutuhan untuk utilitas yang diperlukan terdiri dari sumber air yang diambil dari air waduk sebanyak 574490.7870 kg/jam. Sedangkan kebutuhan listrik untuk operasional pabrik sebesar 14,7138 kWatt disuplai dari PLN setempat dengan cadangan 2 buah generator yang berkekuatan 1500 kW. Bahan bakar untuk generator tersebut dipakai diesel oil sebanyak 20,5142 L/jam.

Berdasarkan hasil analisa ekonomi, didapat nilai return on invesment (ROI) sesudah pajak untuk pabrik ini adalah sebesar 20%, pay out time (POT) sesudah pajak sebesar 3,6 tahun. Sedangkan kapasitas break efent point (BEP) adalah 46%, dan kapasitas shut down point (SDP) adalah 22%. Nilai-nilai tersebut menunjukan bahwa layak untuk dipertimbangkan pendiriannya dan dapat diteruskan ke tahap perencanaan pabrik.

 Kata kunci : Etilen, etanol, dehidrasi

Published
2020-09-27