PRARANCANGAN PABRIK BUTIL METAKRILAT DARI ASAM METAKRILAT DAN BUTANOL DENGAN PROSES ESTERIFIKASI KAPASITAS 17.000 TON/TAHUN

  • Achmad Sidik
  • Bintang Ilmanto

Abstract

Butil metakrilat dengan rumus molekul C4H18O2 merupakan senyawa organik yang pada keadaan normal berupa cairan. Butil metakrilat digunakan sebagai kopolimer dalam jumlah tertentu dalam bentuk emulsi polimer digunakan sebagai bahan baku dan addictive pada berbagai industri seperti: pigmen promoter perekat, pelapisan kulit, pengkilap lantai, lapisan pelindung, bahan perekat dan cat. 

Proses yang digunakan untuk pembuatan butil metakrilat adalah esterifikasi asam metakrilat dengan butanol dengan bantuan katalis asam sulfat, pada tekanan 1 atm dan suhu 90oC, dimana reaktor yang digunakan adalah Reaktor Alir Tangki Berpengaduk (RATB) dan reaksi bersifat ishotermal (menghasilkan panas). Keluaran reaktor yang sudah melalui proses penetralan katalis dan pemisahan dari slurry dialirkan menuju menara distilasi untuk memurnikan butil metakrilat dari butanol dan air. Keluaran bottom menara distilasi berupa butil metakrilat kemudian didinginkan dan dialirkan ke tangki penyimpanan produk. Distilat berupa butanol kemudian dialirkan sebagai arus recycle. Butil metakrilat diproduksi dengan kapasitas 17.000hton/tahun dengan 330 hari kerja dalam 1 tahun dan dioperasikan mulai tahun 2024. Pendirian pabrik direncanakan berlokasi di TubanJawa Timur dengan luas area 16.566 m2Tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak 161 orang dan bentuk perusahaan Perseroan Terbatas (PT) dengan sistem organisasi garis dan staf. Kebutuhan utilitas diambil dari sungai Bengawan Solo sebanyak 22.647,9270 m3/hari. Sedangkan kebutuhan listrik untuk operasional pabrik sebesar 261,83 kW.

Berdasarkan hasil analisa ekonomi, didapat nilai  Return on Invesment (ROI) sesudah pajak untuk pabrik ini sebesar 20%, Pay Out Time (POT) sesudah pajak sebesar 3,6 tahun. Sedangkan nilai Break Even Point (BEP) sebesar 50% dan Shut Down Point (SDP) sebesar 21%. Nilai-nilai tersebut menunjukkan bahwa pabrik ini bisa dipertimbangkan pendiriannya dan dapat diteruskan ke tahap perencanaan pabrik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pabrik ini layak untuk didirikan.

 Kata kunci : Asam Metakrilat, Butil Metakrilat, Butanol, Break Event Point dan Shut Downi oint

Published
2020-09-27