PRARANCANGAN PABRIK ISOBUTIL PALMITAT DARI ISOBUTIL ALKOHOL DAN ASAM PALMITAT DENGAN KATALIS ASAM SULFAT MELALUI PROSES ESTERIFIKASI KAPASITAS 12.000 TON/TAHUN

  • Nisa Afifatush Shalihah
  • Ihda Noor Sari

Abstract

Isobutil Palmitat dengan rumus molekul C20H40O2 merupakan senyawa organik yang yang termasuk ke dalam ester asam palmitat dan dapat digunakan sebagai platicizer, pelarut dan perisa kimia. Saat ini Indonesia masih mengimpor isobutil palmitat, dikarenakan belum adanya pabrik isobutil palmitat di Indonesia. Prarancangan pabrik Isobutil Palmitat direncanakan didirikan dengan kapasitas 12.000 ton/tahun di Gresik, Jawa. Pabrik ini direncanakan pabrik beroperasi selama 330 hari/tahun dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 167 orang.

                Pada pabrik ini Isobutil Palmitat dibuat melalui proses esterifikasi isobutil alkohol dengan asam palmitat dan asam sulfat sebagai katalis. Reaktor yang digunakan adalah Reaktor Alir Tangki Berpengaduk (RATB) pada suhu 107 ℃ dan tekanan 1,2 atm. Reaksi yang dihasilkan bersifat endotermis (memerlukan panas). Produk keluaran reaktor yang telah dinetralkan dengan NaOH di netralizer kemudian dialirkan ke filter press untuk pemisahan filtrat dari slurry. Proses pemurnian menggunakan alat menara distilasi, dimana produk distilat dialirkan ke dekanter untuk menghilangkan kandungan air yang akan digunakan sebagai arus recycle. Sedangkan produk bottom berupa Isobutil Palmitat dengan kemurnian 97 %.

                Pabrik ini direncanakan sebagai perusahaan Perseroan Terbatas (PT). Unit utilitas untuk mendukung proses produksi pabrik meliputi kebutuhan listrik, bahan bakar, pengolahan limbah dan air yang diambil dari air Sungai Berantas. Berdasarkan hasil analisis ekonomi, pabrik ini membutuhkan modal investasi sebesar Rp 814.561.458.835,4,-. Percent Return On Invesment (ROI) sebelum pajak sebesar 40% dan ROI sesudah pajak sebesar 26%. Pay Out Time (POT) sebelum pajak selama 2,0 tahun dan sesudah pajak 2,8 Tahun. Nilai Break Even Point (BEP) sebesar 43% Dan Shut Down Point (SDP) sebesar 24%. Berdasarkan hasil analisis ekonomi tersebut menunjukkan bahwa pabrik Isobutil Palmitat layak untuk didirikan.

Kata kunci: Isobutil Palmitat, Esterifikasi, Isobutil Alkohol, Asam Palmitat

Published
2020-08-11