PRARANCANGAN PABRIK MAGNESIUM KARBONAT DARI DOLOMIT DENGAN PROSES HIDRASI KAPASITAS 40.000 TON/TAHUN

  • Lisa Nulfasihah
  • Rusimah Rusimah

Abstract

Magnesiumskarbonatsterjadiadioalamsdalamsberbagaisbentukdmineral seperti hidrat,kbasic dan paduan garam.hDuaymineraliutamanyapyaitu magnesit (hMgCO3h) dan dolomit, garamipaduant(CaCO3.MgCO3).iKegunaan terbesarodari magnesiumokarbonatoadalahopada bidang industri logamomagnesia,kkhususnya pada bidang industri insulasi atau bahan baku isolasi pada beberapa industri peralatan kimia. Kegunaan lainnya dari magnesium karbonat dapat kita lihat pada0industri bahanobangunan.hMagnesiumpkarbonatpjugaodikalsinasi untukpmemproduksi bata tahan api. Penggunaan lain dari Magnesiumokarbonat adalahksebagai bahanolantai,kfireproofing,lfire-exhinguishing, ysebagai bahanopengisi danpsuppresant dalamtplastik,osebagainagent pengembang padatkaret, sebagai agentppengering danycolororetention padatmakanan.

   Pembuatan magnesium karbonat diawali dengan memecah batuan dolamit menggunakan crusher yang kemudian akan di screen untuk mendapatkan ukuran yang seragam. Selanjutnya dolomit diumpankan pada rotary kiln dengan suhu 900 °C selama 1 jam. Pada rotary kiln terjadi proses pembentukan dolamit menjadi Magnesium Oksida (MgO). Kemudian MgO didinginkan menggunakan cooler hingga suhunya mencapai 70 °C. Hasil reaksi berupa MgO dihidarasi dengan air maka akan membentuk Magnesium Hidroksida (Mg(OH)2). Magnesium Hidroksida kemudian dikarbonasi dengan CO2 membentuk Magnesium karbonat (MgCO3). Selanjutnya dilakukan pengkristalan di dalam crystalizer kemudian dilakukan proses pengeringan dan pengayakan hingga ukuran 100 mesh. Produk Magnesium Karbonat lalu dipacking dan disimpan dalam gudang.lMagnesiumpKarbonatpdiproduksi denganokapasitasp40.000hton/tahuncdenganl330phari kerja dalamp1 tahunpdanbdioperasikan mulai tahunp2024. Pendirianmpabrikodirencanakankberlokasi dioKabupatenoManyar,pGresik denganpluas area 16.752 m2.pTenaga kerja yangpdibutuhkanpsebanyak 180oorang dan bentuk perusahaanoPerseroanpTerbatas (PT) dengan sistem organisasi garis dan staf. Kebutuhanputilitas diambil dari sungaipKalianyar sebanyakp11555,3526om3/hari. Sedangkanpkebutuhanplistrik untuk operasionalppabriklsebesar 903,5452 kW.

Berdasarkan hasiloanalisaoekonomi, didapat nilai  Returnpon Invesmento(iROIi) sesudahppajak untuk pabrik ini sebesar 42%, PaylOutpTime (iPOTi) sesudahlpajakpsebesarp1,9 tahun. Sedangkanonilai Break EvenpPoint (iBEPi) sebesar 45% dan ShutoDownoPoint (iSDPi) sebesar 33%. Nilai-nilai tersebut menunjukkan bahwa pabrik ini bisa dipertimbangkan pendiriannya dan dapat diteruskan ke tahap perencanaan pabrik. Sehinggapdapat disimpulkanobahwappabrikpini layakluntukodidirikan.

Katapkunci : Dolomit, MagnesiumpKarbonat, Hidrasi, BreakoEventoPoint dan ShutiDowniPoint

Published
2020-05-29
Section
Articles