PRARANCANGAN PABRIK ALUMINIUM SULFAT DARI BAUKSIT DAN ASAM SULFAT DENGAN PROSES DORR KAPASITAS 17.000 TON/TAHUN

  • Aptar Eka Lestari
  • Sadidan Rabiah

Abstract

Aluminium sulfat berasal kata alum atau dalam bahasa latin disebut alumen. Aluminium sulfat atau senyawa yang memiliki rumus molekul Al2(SO4)3. Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, pabrik ini direncanakan beroperasi selama 330 hari/tahun dengan kapasitas produk aluminium sulfat sebesar 17.000 ton/tahun. Bahan baku utama yang diperlukan adalah bauksit yang dibeli dari hasil tambang bauksit di Kalimantan Barat. Pabrik akan didirikan di daerah Gresik, Jawa Timur.

Proses yang digunakan untuk pembuatan aluminium sulfat adalah aluminium sulfat dari bauksit dan asam sulfat. Adapun reaktor yang pakai adalah CSTR dan reaksi bersifat eksotermis. Produk yang keluar reaktor selanjutnya didinginkan di cooler lalu di masukkan ke mixer, dengan penambahan BaS berfungsi untuk mereduksi Fe2(SO4)3 dan penambahan flake glue untuk membentuk flok-flok agar mudah mengendap. Kemudian dari mixer dimasukkan ke settling tank untuk memisahkan endapan dan cairan, lalu keluaran overflow di pompa menuju evaporator untuk memekatkan aluminium sulfat, lalu di pompa menuju spray dryer untuk pengeringan. Setelah kering, kemudian dimasukkan kedalam cyclone. Dari cyclone kemudian didinginkan di cooling conveyor, lalu diseragamkan ukuran melalui ball mill dan screen yang selanjutnya dibawa menggunakan bucket elevator dan di tampung didalam bin aluminium sulfat, kemudian dilakukan pengepakan lalu disimpan didalam gudang.

Berdasarkan hasil  analisa ekonomi memberikan hasil investasi modal total (TCI) adalah Rp 218.306.930.340,200 dan diperoleh hasil penjualan yaitu sebesar Rp 326.043.689.971,791. Selain itu diperoleh juga Return of Investment (ROI) seblelum pajak sebesar 43% dan Return of Investement (ROI) setelah pajak sebesar 28%. Pay Out Time (POT) sebelum pajak yaitu 2 tahun dan Pay Out Time setelah pajak yaitu 2,8 tahun. Sehingga diperoleh Break Event Point (BEP) sebesar 47% dan Shut Down Point (SDP) sebesar 22%. Berdasarkan pertimbangan, maka pabrik aluminium sulfat dengan kapasitas 17.000 ton/tahun ini layak dikaji lebih lanjut.

Kata kunci : Kata kunci: Aluminium sulfat, bauksit, asam sulfat, RATB

Published
2020-05-29
Section
Articles