PRARANCANGAN PABRIK AMONIUM KLORIDA DARI AMONIUM SULFAT DAN NATRIUM KLORIDA MELALUI PROSES METHATESIS KAPASITAS 30.000 TON/TAHUN

  • Aliah Aliah
  • Zaini Assyaifi

Abstract

Produk amonium klorida biasa digunakan dalam pembuatan berbagai senyawa ammoniak, electroplating, bahan pencuci, pembersih logam dalam industri soldering, sebagai pelapis dalam industri logam timah dan galvanik. Salah satu pembuatan amonium klorida dari reaksi antara amonium sulfat dan natrium klorida. Pabrik ini dirancang dengan kapasitas 30.000 ton/tahun. Pabrik direncanakan berdiri di kawasan Industri Gresik Jawa Timur pada tahun  2023.

Pabrik ini menggunakan proses methatesis yaitu mereaksikan ammonium sulfat dengan natrium klorida. Reaktor yang digunakan adalah reaktor batch dengan konversi 99,6% pada suhu 100oC dan tekanan 1 atm. Selanjutnya hasil keluaran reaktor dialirkan menuju rotary drum vacuum filter, untuk memekatkan larutan amonium klorida digunakan evaporator. Larutan jenuh dari evaporator dialirkan ke crystallizer sehingga terbentuk kristal amonium klorida. Tahap akhir dari pengolahan produk ini yaitu proses pengecilan produk sampai 200 mesh sebelum memasuki unit packaging.

Berdasarkan analisa ekonomi, pabrik ini dapat dinyatakan layak dilihat dari nilai Return On Investment (ROI) sebesar 41%. Adapun Pay Out Time (POT) sebelum pajak adalah 1,4 tahun dan sesudah pajak adalah 2 tahun. Break Even Point (BEP) adalah 41% dan Shut Down Point (SDP) sebesar 28%. Dari uraian di atas maka pabrik ammonium klorida dari ammonium sulfat dan natrium klorida melalui proses methatesis kapasitas 30.000 ton/tahun layak untuk didirikan.

Kata kunci : amonium klorida, ammonium sulfat, natrium klorida dan methatesis.

Published
2020-05-21
Section
Articles