PRARANCANGAN PABRIK NATRIUM NITRAT DARI NATRIUM KLORIDA DAN ASAM NITRAT DENGAN PROSES SINTESIS KAPASITAS 3.000 TON/TAHUN

  • Muhammad Sarwani
  • Muhammad Topan Darmawan

Abstract

Natrium nitrat dengan wujud serbuk berukuran 0,05 mm, berwarna putih, tidak berbau, berat molekul 85,01 g/mol dengan rumus molekul NaNO3. Natrium nitrat (NaNO3) merupakan bahan kimia intermediet dalam pembuatan pupuk yang mengandung senyawa nitrogen, pembuatan kalium nitrat, pembuatan dinamit, pembuatan kaca, refrigerant, obat-obatan, korek api sebagai reagen pada kimia analisa, dan masih banyak lagi. Natrium nitrat memiliki sifat antimicrobial sehingga dapat juga digunakan sebagai pengawet makanan.

Pabrik natrium nitrat yang akan dibangun diproduksi dari natrium klorida dan asam nitrat. Natrium klorida dan asam nitrat direaksikan pada fase padat cair dalam reaktor dengan konversi 95% dengan suhu 60 oC pada tekanan 1 atm menggunakan reaktor countinous stirred tank reactor. Reaksi bersifat eksotermis sehingga untuk mempertahankan suhu reaksi, panas yang timbul harus secepatnya dihilangkan, selanjutnya pemurnian menggunakan evaporator dan sentrifuge  untuk memisahkan bahan baku yang masih tersisa. Produk akhir diperoleh 99,5% natrium nitrat. Kapasitas produksi 3.000 ton/tahun dengan memenuhi 50% dari kebutuhan dalam negeri dioperasikan muulai tahun 2022. Lokasi pabrik direncanakan di Kawasan Industri Kujang, Cikampek (KIKC), Jawa Barat dengan luas area 20.095 m2.

Published
2020-03-13
Section
Articles