PRARANCANGAN PABRIK ACETALDEHYDE DARI ETHYLENE DAN OKSIGEN DENGAN PROSES OKSIDASI KAPASITAS 30.000 TON/TAHUN

  • Nabilah Millena Putri
  • Meilysa Auliani

Abstract

Acetaldehyde adalah senyawa aldehid yang memiliki wujud cairan yang tak berwarna, mudah terbakar dan daapat larut dalam air. Acetaldehyde digunakan pada industri kimia sebagai bahan baku. Selain itu juga acetaldehyde digunakan untuk bahan sintetis rubber, bahan desinfektan, pembuatan silver pada kaca cermin, untuk proses pengerasan film gelatin kering pada photography, bahan pencampur parfum, sebagai obat bius, dan synthetic resins.

Acetaldehyde merupakan salah satu produk kimia yang melakukan proses pembuatan dengan cara proses oksidasi yaitu mereaksikan ethylene dan oksigen dalam reaksi fasa gas yang seragam. Reaksi berlangsung dalam reaktor Reaktor Fix Bed Multitube pada suhu 130°C dan tekanan 3 atmosfer, menggunakan jaket sebagai pendingin. Tingkat konversi reaksi adalah 75%.  Produk yang diperoleh adalah acetaldehyde dengan grade 99,8%.

Acetaldehyde yang terbuat dari ethylene dan oksigen ini memiliki kapasitas produksi 30.000 ton/tahun, akan diproduksi dalam 330 hari kerja setahun, dan akan beroperasi mulai tahun 2027. Lokasi Pabrik akan didirikan di daerah industri Cilegon Kab.Serang Banten tepatnya di Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC) dengan luas totalnya mencapai 625 hektar. Pabrik ini direncanakan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan jumlah kariyawan sebanyak 181 orang dengan dipimpin oleh seorang direkur utama. Berdasarkan perhitungan ekonomi, didapat nilai break event point sebesar 42% dan nilai shut down point sebesar 29%, sehingga dapat dikatakan bahwa pabrik ini dapat  didirikan.

 Kata Kunci: Acetaldehyde, ethylene, oksidasi

Published
2023-09-17