PRA PERANCANGAN PABRIK SODIUM SULFAT DEKAHIDRAT DENGAN PROSES MANNHEIM KAPASITAS 104.000 TON/TAHUN

  • Alifia Rahma Putri Neysella Universitas Jember
  • Dianita Ivana Permata
  • Nadia Ayumna Fa’iqoh
Keywords: Sodium Sulfat Dekahidrat, Asam Sulfat, Mannheim

Abstract

Perencanaan pabrik sodium sulfat dekahidrat dengan kapasitas 104.000 ton/tahun akan didirikan di kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik dengan luas lahan 31 hektar. Pabrik beroperasi selama 330 hari/tahun dan akan dibangun pada tahun 2027. Pendirian pabrik didasarkan pada kebutuhan sodium sulfat dekahidrat yang meningkat, jumlah impor lebih besar dibanding jumlah ekspornya, dan rendahnya produksi sodium sulfat dekahidrat secara komersil.

Produksi sodium sulfat dekahidrat dalam jumlah besar dan skala industri umumnya menggunakan proses Mannheim. Bahan baku garam dan asam sulfat direaksikan di furnace dengan suhu 800 oC. Hasil dari proses tersebut berupa slurry sodium sulfat dan pengotor garam. Kemudian slurry diangkut menuju reaktor untuk mengendapkan pengotor garam dari produk utama dengan penambahan koagulan dan air sebagai pelarut. Selanjutnya, slurry dialirkan ke filter press untuk pemisahan dengan pengotor yang telah mengendap. Hasil dari filter press dikristalkan untuk menghasilkan kristal sodium sulfat dekahidrat dengan suhu operasi 5 oC. Pemisahan kristal dengan larutan yang tidak terkristalkan terjadi di centrifuge. Setelah itu, kristal di keringkan di rotary dryer dan diseragamkan ukurannya menjadi 200 mesh sebelum dimasukkan ke tangki penyimpanan produk. Kemurnian sodium sulfat dekahidrat sebesar 98,90%. Asam klorida sebagai hasil samping diubah fasanya menjadi liquid dengan konsentrasi 32%. Sehingga, produk yang dihasilkan keduanya siap untuk dijual.

 Bentuk perusahaan adalah persero terbatas (PT) dengan jumlah karyawan sebanyak 228. Menurut analisa ekonomi, didapat hasil TCI sebanyak Rp. 1.826.706.987.341 dengan pengembalian modal selama 2,5 tahun. Sehingga diperoleh BEP sebesar 42%. Dari hasil tersebut, pabrik layak didirikan.

 Kata kunci : sodium sulfat dekahidrat, asam klorida, Mannheim.

Published
2023-09-17