PRARANCANGAN PABRIK ISOPROPIL ALKOHOL DARI PROPILEN DAN AIR DENGAN PROSES HIDRASI LANGSUNG FASE UAP KAPASITAS 47.000 TON/TAHUN

  • Nabila Quwwata Aqra
  • Azril Fahrial Ciputra

Abstract

Industri kimia adalah salah satu industri yang relatif memiliki kontribusi besar dalam menghasilkan devisa negara berpengaruh terhadap ketahanan ekonomi Indonesia. Isopropil alkohol merupakan alkohol sekunder yang dikenal dengan nama 2-propanol, 2-hidroksil propane, sec-propanol, serta seringkali disingkat menggunakan nama IPA. Produk isopropil alkohol sudah banyak digunakan dalam industri seperti sebagai pelarut dan bahan baku dalam pembuatan kosmetik, bahan antiseptik dan desinfektan. Prarancangan pabrik isopropil alkohol di Indonesia diupayakan agar mengurangi ketergantungan isopropil alkohol dari luar negeri.

Proses diawali dengan membuat isopropil alkohol melalui reaksi antara propilen dan air pada reaktor fixed bed temperatur 150°C dan tekanan 17 atm dengan konversi 98%. Selanjutnya masuk ke flash drum untuk dipisahkan komponen cair dan gasnya, kemudian isopropil alkohol dipisahkan dari produk sampingnya dengan menggunakan menara distilasi. Kemurnian produk isopropil alkohol yang didapatkan adalah 99,5%.

Pemasaran isopropil alkohol untuk konsumsi dalam negeri sangat diprioritaskan. Bentuk perusahaan berupa Perseroan Terbatas (PT) dengan sistem organisasi line and staff. Sistem kerja karyawan dibagi berdasarkan jam kerja yang terdiri dari shift dan non shift dengan total tenaga kerja yang diperlukan sebesar 131 orang. Analisa ekonomi yang dilakukan memberikan hasil investasi modal total (TCI) sebesar Rp772.489.969.930,- serta diperoleh hasil penjualan yaitu sebanyak Rp2.692.911.413.594. Selain itu diperoleh juga Return of Investment (ROI) sebelum pajak sebesar 60,95% dan Return of Investment (ROI) setelah pajak sebanyak 39,61%. Pay Out Time (POT) sebelum pajak yaitu 1,43 tahun serta Pay Out Time (POT) setelah pajak yaitu 2,06 tahun. Sehingga diperoleh Break Even Point (BEP) sebesar 44,45% dan Shut Down Point (SDP) sebanyak 34,47%. Dari hasil evaluasi ekonomi tersebut dapat ditarik kesimpulan pabrik isopropil alkohol dengan kapasitas 47.000 ton/tahun ini layak untuk dikaji lebih lanjut.

 Kata ikunci: propilen, isopropil alkohol, hidrasi uap,  fixed bed, flash drum.

Published
2023-02-22
Section
Articles