PRARANCANGAN PABRIK AMONIUM KLORIDA DARI AMONIA DAN ASAM KLORIDA DENGAN PROSES DIRECT NEUTRALIZATION KAPASITAS 110.000 TON/TAHUN

  • Muhammad Rezky Ramadhani
  • Rizali Aris Rahman

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia industri begitu cepat, sehingga berdampak pada tumbuhnya berbagai industri di Indonesia, seperti industri kimia. Hal tersebut juga didukung oleh kondisi wilayah Indonesia yang memiliki sumber daya alam melimpah. Satu diantara yang ada pabrik akan relatif baik dibesarkan ialah pabrik amonium klorida. Amonium klorida ialah suatu mineral yang cukup banyak digunakan pada industri, baik untuk bahan mentah belum jadi serta bahan memberikan kemudahan proses. Kegunaan Amonium Klorida menjadi bahan standar digunakan pada pembuatan sel baterai kering di industri batu baterai. Melainkan, dapat dipergunakan untuk bibit standar dalam pabrik pupuk, bahan mempermudah proses dalam pabrik farmasi, pemprosesan aneka macam komponen amonia, penyepuhan, sanitasi dan menjadi bibit buat agar salju tidak meleleh. Pembangunan pabrik ini keinginan agar terpenuhinya keperluan amonium klorida dalam negeri sekaligus menaikkan pendapatan per kapita negara.

Pabrik ammonium klorida ini diproduksi dengan mereaksikan amonia dan asam klorida. Proses pembuatan ammonium klorida dapat dilakukan dengan direct neutralization. Sebelum direaksikan dengan asam klorida dan amonia terlebih dahulu di uapkan agar membentuk gas. Gas asam klorida dan amonia direaksikan dalam fluidized bed reactor. Gas asam klorida dan amonia dimasukkan dari bawah reaktor. Sehingga akan terjadi fluidasi antara gas umpan dengan pembentukan kristal amonium klorida. Dalam reactor akan dipisahkan antara kristal amonium klorida dengan gas sisa secara langsung menggunakan siklon. Konversi dalam reaktor sebesar 99,5% dengan waktu reaksi 0,025 detik, Kemudian kristal amonium klorida diangkut kearah Rotary Dryer agar kering mencapai kadar air 0,5%. Setelah kering dilakukan penggilingan menggunakan Ball Mill dan penyaringan agar diperoleh ukuran 100 mesh menggunakan screen. Selanjutnya kristal amonium klorida dikemas dalam packaging unit.

Pabrik ammonium klorida ini diproduksi menggunakan kapasitas 110.000 ton/tahun pada 330 hari kerja selama 1 tahun serta rencana berjalan di tahun 2027. Lokasi pabrik direncanakan didaerah Santan Tengah, Marang Kayu, Kalimantan Timur menggunakan luas area 34.997 m2. Pekerja diperlukan sebesar 157 orang menggunakan bentuk perusahaan PT (Perseroan Terbatas) serta memakai bentuk organisasi line dan staff. Berdasarkan perhitungan didapatkan nilai analisa ekonomi yaitu ROI (Return on Invesment) sehabis pajak buat industri yang direncanakan adalah sebanyak 15,82 %, POT (Pay Out Time) sehabis pajak sebanyak 4,2 tahun. Melainkan dari itu nilai akibat produksi  BEP (Break Even Point) adalah 45% kapasitas, dan SDP (Shut Down Point) adalah 29 %. Pada nilai di atas mengambarkan bahwa layak buat dipertimbangkan berdirinya pabrik tersebut serta bisa dikaji lebih mendalam buat perencanaan pembangunannya.

Kata kunci:  Asam klorida, amonia, amonium klorida , kristal, direct neutralization.

Published
2023-02-22
Section
Articles