PRARANCANGAN PABRIK MONOBASIK KALIUM FOSFAT DARI ASAM FOSFAT DAN KALIUM HIDROKSIDA DENGAN PROSES NETRALISASI KAPASITAS 3.500 TON/TAHUN

  • Aceng Lesti
  • Gita Cristy

Abstract

Monobasik kalium fosfat (MKP) merupakan salah satu jenis senyawa yang sering digunakan sebagai pupuk oleh para petani karena kandungan kalium dan fosfat yang tinggi. Pabrik MKP dari asam fosfat dan kalium hidroksida dirancang dengan kapasitas 3.500 ton/tahun bertujuan untuk memenuhi kebutuhan monobasik kalium fosfat di Indonesia pada 2026 mendatang.

Proses reaksi pembentukan MKP terjadi secara eksotermis pada kondisi operasi tekanan 1 atm dan temperatur 80 °C selama 1 jam di dalam Reaktor Alir Tangki Berpengaduk (RATB) dengan konversi 99%. Pembuatan MKP pada proses penyiapan bahan baku melalui proses pencampuran antara kalium hidroksida dan asam fosfat yang mana sebelum masuk ke dalam reaktor bahan baku tersebut diencerkan hingga konsentrasi 37% di dalam mixer. Kemudian keluaran dari reaktor masuk ke dalam homogenizer untuk menyamakan ukuran dan menghomogen produk keluaran. Selanjutnya produk akan diteruskan dengan bantuan pompa menuju evaporator untuk menguapkan air dalam produk. Kemudian akan diteruskan menuju spray dryer dengan temperatur 300 °C untuk menghilangkan kandungan air, hingga kemurnian produk (MKP) yang dihasilkan 99%. Setelah kemurnian produk tercapai, selanjutnya akan masuk ke dalam screen untuk disesuaikan ukurannya sebelum masuk ke dalam gudang penyimpanan produk. Pabrik direncanakan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) yang akan didirikan di daerah industri Gresik, Jawa Timur. Struktur organisasi line and staff dengan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan 125 orang.

Hasil analisa ekonomi menunjukkan bahwa Percent Return On Investment (ROI) sesudah pajak sebesar 15,17%. Pay Out Time (POT) sesudah pajak adalah 3,97 tahun. Nilai Break Even Point (BEP) sebesar 44,79% dan Shut Down Point (SDP) sebesar 21,53% kapasitas. Berdasarkan data–data di atas dapat disimpulkan, bahwa pabrik monobasik kalium fosfat dengan kapasitas 3.500 ton/tahun ini layak didirikan.

Kata Kunci: MKP, RATB, asam fosfat, kalium hidroksida.

Published
2022-09-30