Pengujian Dua Belas Isolat Trichoderma sp. Asal Lahan Rawa Pasang Surut untuk Menghambat Fusarium oxysporum Penyebab penyakit moler pada Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.)

  • Simon Rahmadani Prodi Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat
  • Salamiah . Prodi Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat
  • Helda Orbani Rosa Prodi Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Trichoderma Sp., Fusarium oxysporum , Bawang Merah

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengujian dua belas jenis Trichoderma asal lahan rawa pasang surut untuk menghambat Fusarium oxysporum yang penyebabkan penyakit moler pada bawang merah Allium ascalonicum L. Penelitian bertujuan ingin mengetahui kemampuan dari 12 jenis Trichoderma sp, dalam menghambat pertumbuhan Fusarium oxysporum secara in vitro. Pengujian ini terdiri atas uji antagonisme dengan mode kultur ganda dan uji Trichoderma spp. terhadap perkembangan Fusarium oxysporum. Percobaan dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dari tiga ulangan. Dari hasil penelitian ini meperlihatkan bahwa Trichoderma sp. mampu menekan atau menghambat pertumbuhan Fusarium oxysporum secara in vitro. Isolat Trichoderma sp. kemampuan penghambatannya paling tinggi adalah sebesar 70,4 % isolat Trichoderma spp. asal Kaladan, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. dan penghambatannya yang  paling rendah 37,79 % isolat Trichoderma sp.  yang berasal dari Tumbang Nusa, Kalimantan Tengah.

Published
2021-05-04
How to Cite
Rahmadani, S., ., S., & Rosa, H. (2021). Pengujian Dua Belas Isolat Trichoderma sp. Asal Lahan Rawa Pasang Surut untuk Menghambat Fusarium oxysporum Penyebab penyakit moler pada Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.). JURNAL PROTEKSI TANAMAN TROPIKA, 4(2), 330-336. https://doi.org/10.20527/jptt.v4i2.765
Section
Articles