Pengaruh Larutan Daun Gamal (Gliricidia sepium) Terhadap Mortalitas Kutu Daun Aphis gossypii) pada Cabai (Capsicum annum L)

  • Novita Agustina Agroekoteknologi ULM
  • Muhammad Indar Pramudi Proteksi Tanaman ULM
  • Noor Aidawati Proteksi Tanaman ULM
Keywords: Cabai , larutan daun gamal, Aphis gossypii

Abstract

Salah satu ancaman dari serangan hama cabai yaitu Aphis gossypii yang menjadi vector virus daun. Pengendalian hama ini masih menggunakan insekstisida kimia, sehingga diperlukan insektisida atau alternatif pengendalian yang lebih aman dan ramah lingkungan, seperti menggunakan insektisida nabati yang berasal dari tanaman gamal (Gliricidia sepium). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi langsung dan tidak langsung ke aphis pada perlakuan 15 g larutan daun gamal, mampu mematikan A. gossypii dengan mortalitas rata-rata 48,4% dan 49,8%. Pada dosis ini juga menyebabkan kematian pada 485 ekor aphis setelah 96 jam aplikasi.

Published
2019-04-18
How to Cite
Agustina, N., Indar Pramudi, M., & Aidawati, N. (2019). Pengaruh Larutan Daun Gamal (Gliricidia sepium) Terhadap Mortalitas Kutu Daun Aphis gossypii) pada Cabai (Capsicum annum L). JURNAL PROTEKSI TANAMAN TROPIKA, 2(1), 86-91. Retrieved from http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jpt/article/view/48