Kemampuan Beberapa Rizobakteria dalam Mengendalikan Penyakit Kuning pada Pertumbuhan Tanaman Terong (Solanum melongena L)

Kemampuan Beberapa Rizobakteria dalam Mengendalikan Penyakit Kuning pada Pertumbuhan Tanaman Terong (Solanum melongena L)

  • Mursiana . Agroekoteknologi ULM
  • Noor Aidawati
  • Gusti M. Sugian Noor
Keywords: Terong, Virus kuning, Rizobakteria, Pseudomonas, Flourescens

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan beberapa rizobakteria dalam mengendalikan penyakit kuning pada tanaman terong. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 6 perlakuan. Masing-masing perlakuan terdiri dari 4 ulangan. Enam perlakuan yang diberikan adalah K- (Tanaman kontrol terong tanpa diberi perlakuan), K+ (Tanaman kontrol terong yang diinokulasi virus kuning), A (Tanaman terong yang diaplikasi dengan isolat Pseudomonas kelompok flourescens asal Hulu Sungai Selatan dan diinokulasi dengan virus kuning terong), B (Tanaman terong yang diaplikasi dengan isolat Bacillus spp. asal Hulu Sungai Selatan dan diinokulasi dengan virus kuning terong), C (Tanaman terong yang diaplikasi dengan isolat Pseudomonas kelompok flourescens asal Banjarbaru dan diinokulasi dengan virus kuning terong), dan D (Tanaman terong yang diaplikasi dengan isolat Bacillus spp. asal Banjarbaru dan diinokulasi dengan virus kuning terong. Hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa pemberian isolat rizobakteria A, B, C, dan D mampu mengendalikan infeksi virus kuning terong dan pemberian isolat rizobakteria A, B, C, dan D mampu memicu pertumbuhan tinggi tanaman dan luas daun tanaman terong yang terinfeksi virus kuning.

Published
2018-02-16
How to Cite
., M., Aidawati, N., & M. Sugian Noor, G. (2018). Kemampuan Beberapa Rizobakteria dalam Mengendalikan Penyakit Kuning pada Pertumbuhan Tanaman Terong (Solanum melongena L). JURNAL PROTEKSI TANAMAN TROPIKA, 1(1), 8-11. Retrieved from http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jpt/article/view/22