Uji Daya Antagonis Beberapa Khamir Sebagai Agen Pengendali Penyakit Antraknosa (Colletotricum sp.) Pada Buah Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.)

  • Nur Mutmainnah Prodi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian ULM
  • Mariana Mariana proteksi tanaman ULM
  • Helda Orbani Rosa proteksi tanaman ULM

Abstract

Tomat merupakan sayuran buah yang banyak diminati dan mempunyai nilai ekonomi. Salah satu penyebab terjadinya penurunan produksi tomat akibat antraknosa (Colletotrichum sp.) khamir merupakan mikroba antagonis yang digunakan untuk mengendalikan penyakit pascapanen pada buah tomat akibat serangan antraknosa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh khamir dalam menekan pertumbuhan Colletotrichum sp. baik secara invitro maupun invivo dengan khamir yang di dapat dari beberapa buah yaitu tomat, cabai, terong ungu, terong pipit dan kentang Hasil penelitian menunjukkan penggunaan khamir tidak berpengaruh terhadap keterjadian penyakit antraknosa pada buah tomat. Namun khamir berpengaruh terhadap pertumbuhan colletotrichum sp. secara invitro.

Published
2022-05-11
How to Cite
Mutmainnah, N., Mariana, M., & Rosa, H. (2022). Uji Daya Antagonis Beberapa Khamir Sebagai Agen Pengendali Penyakit Antraknosa (Colletotricum sp.) Pada Buah Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.). JURNAL PROTEKSI TANAMAN TROPIKA, 5(2), 513-517. https://doi.org/10.20527/jptt.v5i2.1257