http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/issue/feedJCAE (Journal of Chemistry And Education)2025-10-13T23:13:39+08:00Open Journal Systems<p style="text-align: justify;"><strong><em>JCAE (Journal of Chemistry and Education</em>)</strong> merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat dan berisi hasil penelitian tentang pendidikan dan pembelajaran dalam bidang kimia serta penelitian kimia yang meliputi kimia analitik, kimia organik, biokimia, kimia anorganik serta kimia fisik.</p>http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/3117KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KOLOID TERINTEGRASI LAHAN BASAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK2025-10-13T22:20:21+08:00Ahmad Baihaqiahmad.baihaqi2045@gmail.comAtiek Winartiatiekwin_kimia@ulm.ac.idMuhammad Kusasimkusasi_kimia@ulm.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model <em>Project Based Learning</em> (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi, dan respon peserta didik pada materi koloid terintegrasi lahan basah di SMAN 4 Banjarmasin. Metode penelitian menggunakan <em>quasy experiment</em> dengan desain “<em>nonequivalent control group</em>”. Sampel penelitian terdiri atas kelas eksperimen (36 orang) dan kelas kontrol (36 orang). Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes (keterampilan berpikir kreatif) serta instrumen non tes berupa observasi keterampilan kolaborasi dan angket respon peserta didik. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencapaian keterampilan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen sebesar 81,42%, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 67,15%. N-gain keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen sebesar 0,77 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,59 (kategori sedang). Rata-rata keterampilan kolaborasi siswa kelas eksperimen sebesar 76,29%, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 61,57%. Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model PjBL sangat positif, dengan rata-rata nilai 84%. Dapat disimpulkan, penerapan model PjBL lebih efektif dibandingkan model <em>discovery learning</em> (konvensional) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan kolaborasi peserta didik pada materi koloid terintegrasi lahan basah.</p>2025-10-13T14:33:21+08:00##submission.copyrightStatement##http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/3474PENGEMBANGAN E-MODUL HIDROKARBON BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN HEYZINE FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN LITERASI SAINS2025-10-13T22:32:55+08:00Azzahra Ningtyasazzahraningtyas24@gmail.comLeny Lenyleny_kimia@ulm.ac.idParham Saadiparham_kimia@ulm.ac.id<p>Tingkat literasi sains dan motivasi belajar peserta didik yang rendah menunjukkan perlunya pengembangan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis <em>Problem Based Learning</em> (PBL) pada materi hidrokarbon menggunakan website <em>Heyzine Flipbook.</em> E-modul diharapkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk meningkatkan literasi sains dan motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah <em>Research and Development</em> (R&D) dengan model ADDIE, meliputi Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 32 peserta didik kelas XIA dan 33 peserta didik kelas XIB di SMAN 3 Banjarmasin. Data dikumpulkan melalui validasi media, angket, observasi, dan tes. Hasil menunjukkan: (1) e-modul valid dengan skor 96,49%; (2) kepraktisan 92,63% (XIA) dan 92,84% (XIB); (3) keefektifan N-Gain motivasi belajar 0,88 (XIA) dan 0,78 (XIB), serta N-Gain literasi sains 0,80 (XIA) dan 0,84 (XIB), semua dalam kategori tinggi. E-modul dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran kimia pada materi hidrokarbon serta berpotensi meningkatkan motivasi belajar dan literasi sains peserta didik.</p>2025-10-13T14:42:29+08:00##submission.copyrightStatement##http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/3076PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN PENDEKATAN ETNOSAINS BERBANTUAN HEYZINE FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MATERI ASAM DAN BASA2025-10-13T22:55:03+08:00Nur Khairona Alifakhaironaalifa141@gmail.comIriani Baktiirianib_kimia@ulm.ac.idArif Sholahuddinarif.science.edu@ulm.ac.idRilia Irianirilia_kimia@ulm.ac.id<p>Literasi Sains merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang dibutuhkan bagi setiap peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian <em>R&D </em>untuk mengembangkan e-modul dengan pendekatan etnosains berbantuan heyzine flipbook untuk meningkatkan literasi sains pada materi asam dan basa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul yang dikembangkan dengan model 4D (<em>define, design, develop, disseminate</em>). Subjek penelitian yaitu 5 orang validator dan peserta didik XI MIPA SMA Negeri 10 Banjarmasin tahun Pelajaran 2023/2024. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, lembar observasi, dan instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan e-modul yang dikembangkan sangat valid dengan skor 4,93, (2) Kepraktisan ditinjau dari angket dan lembar observasi dengan rata-rata sangat praktis dengan skor 4,65, (3) Keefektifan ditinjau dari N-gain kemampuan literasi sains dengan skor 0,79. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains pada peserta didik.</p>2025-10-13T15:32:36+08:00##submission.copyrightStatement##http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/3529PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI KOLOID2025-10-13T23:04:50+08:00Siti Khadijahkhadijahsiti543@gmail.comParham Saadiparham_kimia@ulm.ac.idAtiek Winartiatiekwin_kimia@ulm.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan e-modul materi koloid berbasis <em>filipbook</em> dengan menggunakan model PBL (<em>Problem Based Learning</em>) dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa<strong>.</strong>. Jenis penelitian ini adalah <em>Reaseearch and Devrelopment</em> (R&D) dengan model pengembangan 4D (<em>define, desiign, development, disseminatte</em>). E-modul di uji coba pada kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 8 Barabai Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan angkeet dan tes hasil belajar. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Diketahui kevalidan e-modul dengan kategori sangat valid, kepraktisan e-modul dengan kategori sangat baik, dan efeektif dalam meningkatkan hasil belajar siiswa dengan N-gain kategori tinggi. E-modul berbasis <em>flipbook</em> dengan model PBL ini dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran pada materi koloid.</p>2025-10-13T15:55:22+08:00##submission.copyrightStatement##http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/3275Development of a Problem Based Learning E-Module On Green Chemistry With Socio Scientific Issues Context To Enhance Students' Scientific Literacy2025-10-13T23:13:39+08:00Nasieka Aulia Putrinasika2336@gmail.comLeny Lenyleny_kimia@ulm.ac.idRilia Irianirilia_kimia@ulm.ac.idRusmansyah Rusmansyahrusmansyah@ulm.ac.id<p>Literasi sains peserta didik yang masih tergolong rendah, sesuai yang terlihat dari hasil studi PISA dan kondisi di lapangan, menunjukkan kebutuhan akan inovasi dalam penyediaan bahan ajar yang lebih kontekstual dan interaktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul <em>Green Chemistry</em> berbasis <em>Problem Based Learning</em> (PBL) dengan konteks <em>Socio Scientific Issues</em> (SSI), sekaligus menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya dalam menaikkan literasi sains siswa. Metode penelitian yang diterapkan ialah <em>Research and Development</em> (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup 5 tahap yakni: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari lima validator dan peserta siswa kelas X-D di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes dan non-tes, seperti angket validasi ahli, angket keterbacaan, angket respons dari peserta didik dan guru, lembar observasi, serta tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi (96,71%), kepraktisan yang sangat baik (85,40%), serta keefektifan yang terbukti signifikan dalam meningkatkan literasi sains peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 79,72, termasuk dalam kategori efektif. Sehingga dengan demikian, e-modul ini dinyatakan berhasil meningkatkan literasi sains secara signifikan.</p>2025-10-13T15:43:48+08:00##submission.copyrightStatement##